Ibu Rumah Tangga Peralat Anak dan Keponakan untuk Merampok

Jum'at, 08 April 2016 - 19:16 WIB
Ibu Rumah Tangga Peralat Anak dan Keponakan untuk Merampok
Ibu Rumah Tangga Peralat Anak dan Keponakan untuk Merampok
A A A
TULUNGAGUNG - Seorang ibu rumah tangga di Desa Selorejo, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Sulikah (30) nekat merampok harta tetangganya sendiri Sri Hartani (45).

Yang memprihatinkan, Sulikah merancang skenario kejahatan dengan menggunakan anak dan keponakan sebagai pelaku utamanya. Aksi ketiganya terbongkar setelah polisi melakukan penyidikan.

"Yang bersangkutan (Sulikah) merupakan otak kejahatan dan langsung kami tahan. Sedangkan pelaku, karena berstatus pelajar tidak kami tahan," ujar Kapolsek Ngunut Kompol Supriyanto, kepada wartawan, Jumat (8/4/2016).

Pikiran jahat itu muncul setelah pelaku dimintai tolong korban untuk menemaninya mengambil uang di rumah anaknya, di Desa Sumberingin, Kecamatan Ngunut.

Sehari sebelum kejadian, dia meminta IF (14) keponakannya dan DP (13) anaknya menyiapkan tepung yang dicampur dengan tumbukan cabe. Tepung dan cabe itu digunakan sebagai senjata menyerang korban.

"Pelaku yang membonceng korban dengan motor pura-pura kendaraannya mogok," terang Supriyanto.

Pada saat pura-pura memperbaiki motor, pelaku datang dari arah belakang dan langsung menabur tepung cabe ke muka korban. Sesuai skenario, kedua bocah pelajar itu langsung merampas tas korban berisi uang Rp25 juta dan kabur.

"Pelaku (Sulikah) juga yang menyarankan korban melapor ke kepolisian," terang Supriyanto.

Dalam pemeriksaan, penyidik mencium beberapa keterangan pelaku selaku saksi yang dinilai ganjil. Setelah dilakukan penyidikan, pelaku akhirnya mengakui semua perbuatannya.

"Dalam kasus ini pelaku dijerat Pasal KUHP tentang Pencurian disertai kekerasan dengan ancaman lima tahun penjara," pungkasnya.

Di depan petugas, Sulikah mengaku khilaf. Ide jahat itu muncul setelah dimintai tolong korban untuk menemani mengambil uang Rp25 juta. "Dalam hal ini saya yang bersalah," tuturnya menyesali diri.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1311 seconds (0.1#10.140)