Diguyur Hujan, Tanggul 12 Meter Jebol

Senin, 28 Maret 2016 - 07:07 WIB
Diguyur Hujan, Tanggul 12 Meter Jebol
Diguyur Hujan, Tanggul 12 Meter Jebol
A A A
SLEMAN - Hujan deras yang mengguyur sepanjang, Minggu 27 Maret 2016 sore menyebabkan terjadinya banjir di beberapa aliran sungai yang ada di Sleman. Terparah di aliran Sungai Buntung hingga menyebabkan tanggul sungai ambrol dan beberapa warga mengungsi.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kabupaten Sleman, Heru Saptono, mengatakan luapan air akibat jebolnya tanggul setinggi 12 meter terjadi di Sungai Buntung.

Tepatnya di Dusun Jongkang, RT 2/33, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. "Tanggul jebol, lima rumah terdampak air sungai. Ada tujuh KK, atau 24 jiwa," katanya.

Selain di lokasi tersebut, luapan air juga terjadi di beberapa titik. Diantaranya di Dusun Gemawang, RT 1/34, Sinduadi, Mlati.

Serta di Dusun Mranggen, RT 6/27, Sinduadi, Mlati. "Di Sinduadi ada sembilan KK, dengan total yang terdampak sebanyak 36 jiwa," katanya.

Ketinggian air yang masuk ke dalam pemukiman di daerah Jongkang tersebut sempat sampai 1,5 meter. Salah satu warga bernama Bislon Pardede (70) beserta istrinya juga sempat terjebak di dalam rumah sebelum akhirnya bisa diamankan.

"Semua korban banjir sudah terkondisi dan kembali ke rumah masing-masing. Kecuali Pak Bislon yang masih di rumah tetangga," ucapnya.

Sementara untuk sungai-sungai yang melewati wilayah Koya Yogyakarta, kondisinya relatif aman. Untuk di aliran Sungai Winongo, tepatnya di Tejokusuman air sempat naik hingga 140 centimeter.

"Rw 22, 23, dan 27 Tejokusuman ada kenaikan. Tapi terpantau semakin surut," kata anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY, Enaryaka.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6435 seconds (0.1#10.140)