2 Heli Super Puma Diterjunkan Padamkan Kebakaran Hutan di Riau

Kamis, 17 Maret 2016 - 14:09 WIB
2 Heli Super Puma Diterjunkan...
2 Heli Super Puma Diterjunkan Padamkan Kebakaran Hutan di Riau
A A A
PEKANBARU - Pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau dilakukan dari udara. Pemadaman lewat udara dilakukan dengan cara water boombing (bom air) menggunakan Helikopter Super Puma.

Heli ini memiliki kelebihan mengangkut banyak air dari udara dengan kapasitas 4 ton persekali angkut.

"Selama ini kami mengerahkan dua Heli Super Puma untuk melakukan pemadaman dari udara. Sudah banyak yang kami padamkan seperti dekat Bandara Pinang Kampai, di Dumai, Cagar Biosfer Siak Kecil, Bukit Batu, dan daerah Kabupaten Rohil," kata Humas Sinar Mas Forestry Nurul Huda, kepada wartawan, Kamis (17/3/2016).

Selain jenis Super Puma, perusahaan juga mengerahkan satu unit helikopter jenis Europter PK-Dam. Helikopter ini memiliki lebih sedikit pengangkut air dibandung Super Puma.

"Heli jenis PK-Dam ini memiliki daya angkut air sebanyak 1 ton. Jadi totalnya ada tiga helikopter yang kami perbantukan untuk membantu pemadaman kebakaran. Kami mulai mengerahkan helikopter untuk pemadaman sejak 25 Febuari lalu," ucap Nurul.

Terakhir, sebut Nurul, yang menjadi fokus pemadaman kebakaran pihak perusahaan adalah di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Setiap harinya kami melakukan water boombing di Meranti dengan dua helikopter. Perhari kami melakukan 60 water boombing. Kawasan yang terbakar itu di luar areal perusahaan, tapi kita tetap membantu," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)