2.400 Kacamata Khusus Gerhana Matahari Ludes Terjual

Selasa, 08 Maret 2016 - 19:12 WIB
2.400 Kacamata Khusus Gerhana Matahari Ludes Terjual
2.400 Kacamata Khusus Gerhana Matahari Ludes Terjual
A A A
SOLO - Peristiwa gerhana matahari yang melintas di wilayah Surakarta disambut sukacita oleh lapisan masyarakat. Selain menggelar salat gerhana, acara nonton bareng dan pengamatan dengan teleskop digelar di sejumlah lokasi.

Gegap gempita menyambut fenomena alam yang jarang terjadi nampak dari penjualan kacamata Neutral Density (ND) 5 yang dijual Pondok Pesantren (Ponpes) Assalam, di Kelurahan Pabelan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Sebanyak 2.400 kacamata khusus ludes terjual sehari menjelang gerhana matahari yang berlangsung Rabu (9/3/2016).

"Kacamata ND 5 dibuat bekerja sama dengan Observatorium Bosscha di Lembang, Bandung," ungkap Kepala Humas dan Kerja Sama Ponpes Assalam Asa Zain Mutaqin, Selasa (8/3/2016) siang.

Bahan kacamata khusus diimpor dari Amerika Serikat dan dibuat di Bandung. Untuk satu lembar bahan pokok, harganya Rp750 ribu. Bahan bahan itu merupakan original dan aman dipakai guna melihat berlangsungnya proses gerhana matahari. Satu kacamata ND 5, dijual seharga Rp25 ribu.

Staf Humas dan Kerja Sama Ponpes Assalam Qomarudin menambahkan, pihaknya menggelar nonton bersama proses gerhana matahari yang disalurkan melalui layar proyektor. Untuk putri digelar di Gedung Gelora Assalam dengan layar lebar. Sedangkan untuk putra digelar di masjid ponpes setempat.

Pihaknya mempersilakan masyarakat datang dan menyaksikan gerhana matahari yang melewati wilayah Jawa Tengah meski tidak total dan hanya sekitar 88 persen.

Selain itu, Ponpes Assalam juga menggelar salat gerhana pada pukul 07.30 WIB atau beberapa menit setelah puncak gerhana yang diperkirakan pukul 07.24 WIB. Sementara, salah gerhana di Masjid Agung akan digelar pukul 07.00 WIB.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8598 seconds (0.1#10.140)