Sultan HB X: Prostitusi Juga Ada di Hotel!

Senin, 07 Maret 2016 - 17:45 WIB
Sultan HB X: Prostitusi...
Sultan HB X: Prostitusi Juga Ada di Hotel!
A A A
YOGYAKARTA - Kawasan Sosrowijayan Kulon, Gedongtengen, Kota Yogakarta dikenal sebagai lokasi prostitusi terselubung. Lokasi gang sempit di Jalan Pasar Kembang itu dikenal dengan sebutan Sarkem.

Gubernur DIY Sri Sultan Hemengku Buwono X mengatakan, prostitusi tak hanya di Sarkem. Tapi, banyak tempat seperti di hotel yang dijadikan tempat mangkal para Pekerja Seks Komersial (PSK).

"Prostitusi ada di mana-mana, tidak hanya di situ (Sarkem) saja, di hotel juga ada," kata Sultan HB X, kepada wartawan di Hotel Ambarukmo Yogyakarta, Senin (7/3/2016).

Meski demikian, Sultan tak ingin menyebut lokasi hotel yang dimaksud. Terkait rencana penutupan kawasan Sarkem, Sultan berharap dilakukan dengan cara yang bijak.

"Tidak semua penghuni di kawasan Sarkem merupakan orang-orang nakal. Harus dipilah-pilah dalam penertiban," katanya.

Kondisi Sarkem, kata Sultan, sudah banyak perubahan dari dulu hingga saat ini. Apalagi, di kawasan itu sudah banyak berdiri hotel, sehingga menggusur keberadaan warga yang tinggal di Sarkem.

"Kondisinya saat ini dan dulu juga sudah berubah," kata ayah lima putri ini.

Sultan juga sempat menyentil ucapan pejabat Pemkot Yogya yang mengatakan tidak pernah membuka lokalisasi Sarkem, jadi tidak juga ada keharusan melakukan penutupan.

"Opo kota tau buka, kalau lokalisasi Sanggrahan kan sudah ditutup dulu-dulu," ulasnya.

Sebagaimana diketahui, kalangan legislator juga sepakat dengan rencana penutupan lokalisasi Sarkem. Namun, wakil rakyat meminta dilakukan dengan pendekatan humanis, sehingga tidak menimbulkan benturan di masyarakat.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2407 seconds (0.1#10.140)