Gempa Terjadi saat Hujan Disertai Angin Kencang

Rabu, 02 Maret 2016 - 22:16 WIB
Gempa Terjadi saat Hujan Disertai Angin Kencang
Gempa Terjadi saat Hujan Disertai Angin Kencang
A A A
MEDAN - Gempa yang terjadi di mentawai dirasakan di sebagian kawasan Tapanuli, khususnya di Tapanuli Utara dan Humbang Hasundutan.

Menurut informasi dari Humas dan keprotokolan Pemkab Humbahas Osborn Siahaan, gempa dirasakan di beberapa detik kawasan Doloksanggul dan sebagian kawasan kecamatan di sekeliling Doloksanggul.

Meskipun tidak begitu kuat, namun pihaknya sudah meminta bidang terkait untuk melakukan monitoring di beberapa kawasan rawan khususnya perbukitan. Pasalnya gempa terjadi saat curah hujan tinggi dan hempasan angin yang kuat.

Salah satu warga Doloksanggul Tommy Silaban mengatakan, gempa dirasakan tidak begitu kuat namun cukup lama. Pasalnya beberapa saat mereka sempat bingung apakah getaran yang terjadi di rumah mereka akibat angin kecang atau gempa.

Namun setelah melihat selulernya dia baru mengetahui getaran tersebut adalah gempa. “Kami baru mengetahui gempa itu di Mentawai dan kami hanya bisa berdoa semoga tidak terjadi tsunami,” paparnya, Rabu (2/3/2016).

Di Tapanuli Utara, Taput khususnya di Tarutung gempa juga dirasakan oleh warga sekitar. Warga mengaku bahwa gempa tersebut tidak begitu kuat namun dapat dirasakan dengan getaran yang cukup lama.

Warga sempat waspada namun tetap tenang. Pasalnya kawasan Silindung tersebut merupakan kawasan yang rawan gempa karena berada di patahan semangko.

Warga setempat yang dikonfirmasi Vendip Tobing mengatakan, bahwa dia merasakan gempa tersebut cukup lama dan sempat keluar rumah untuk melihat keadaan. Namun setelah melihat warga tidak ada yang panik dan tenang dia masuk kembali kedalam rumah.

“Karena kami berada di kawasan tebing, jadi kalau pusat gempanya di Tarutung kita pasti keluar. Karena sangat rentan mengakibatkan erosi,” paparnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4510 seconds (0.1#10.140)