Puluhan Warga Tulungagung Terserang Diare

Jum'at, 26 Februari 2016 - 11:00 WIB
Puluhan Warga Tulungagung Terserang Diare
Puluhan Warga Tulungagung Terserang Diare
A A A
TULUNGAGUNG - Sebanyak 26 orang dilarikan ke RSUD dr Iskak Tulungagung karena serangan penyakit diare. Hingga saat ini kasus penyakit diare di Tulungagung menempati nomor dua terbanyak setelah chikunya dan demam berdarah dengeue (DBD).

"Mayoritas pasien adalah anak anak," ujar Humas RSUD dr Iskak Tulungagung Moh Rifai kepada wartawan.

Tradisi penyakit diare dan DBD muncul pada musim penghujan. Penderita mengalami gejala demam, perut kram dan buang air besar terus menerus dengan kotoran encer.

Pada kondisi tertentu penderita juga kehilangan nafsu makan, sakit kepala, mual dan muntah. Musim buah dan lingkungan yang tidak bersih menjadi penyebab munculnya penyakit diare. "Beberapa diantaranya adalah pasien berusia dewasa," terang Rifai.

Menurut Rifai mayoritas pasien yang datang sudah dalam keadaan dehidrasi. Pasien rata rata membutuhkan asupan gizi. Ia menghimbau kebersihan lingkungan agar terus terjaga mengingat musim penghujan masih panjang.

Imam warga Kecamatan Rejotangan mengatakan bahwa serangan penyakit diare berlangsung rutin setiap tahun. Penyakit ini muncul bersamaan dengan merebaknya lalat. "Dan lalat ini yang membawa kuman penyebab diare," ujarnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5820 seconds (0.1#10.140)