Waspadai Banjir Lahar Dingin Semeru di Daerah Ini

Minggu, 14 Februari 2016 - 07:05 WIB
Waspadai Banjir Lahar Dingin Semeru di Daerah Ini
Waspadai Banjir Lahar Dingin Semeru di Daerah Ini
A A A
LUMAJANG - Saat musim penghujan seperti ini, sejumlah kawasan dinilai rawan untuk terjadi banjir lahar dingin Gunung Semeru. Kawasan itu meliputi, Dusun Rowo Baung dan Dusun Supit yang termasuk wilayah Desa Pronojiwo; Dusun Urip di Desa Sumber Urip; Dusun Umbulan di di Desa Supit Urang. Semuanya berada di wilayah Kabupaten Lumajang.

Dusun Rowo Baung, dan Dusun Supit, merupakan dusun yang terdekat dengan pusat letusan. Yakni, berlokasi sekitar 9 kilometer dari puncak Gunung Semeru.

Selain itu, dusun-dusun tersebut juga diapit oleh aliran Besuk Bang, dan Besuk Kembar, yang memiliki sumber aliran di lereng Gunung Semeru.

Sejumlah sungai yang harus diwaspadai, karena menjadi jalur aliran lahar dingin Semeru, antara lain Sungai Besuk Bang, Sungai Kobokan, dan Sungai Besuk Kembar.

Potensi ancaman tersebut semakin tinggi, karena adanya aktivitas penambangan pasir di Dusun Supit, dan Dusun Rowo Baung.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Ayu Dewi Utari menegaskan, saat ini sudah tidak ada aktivitas pendakian ke Gunung Semeru, karena kondisi cuaca yang buruk. Hujan, disertai badai sering terjadi di jalur pendakian.

“Sejak 4 Januari 2016, aktivitas pendakian sudah kita tutup. Selain cuaca buruk, juga bertujuan untuk pemulihan ekosistem,” ungkapnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2380 seconds (0.1#10.140)