Sebulan, Enam Nyawa Melayang di Jalanan Gunungkidul

Kamis, 28 Januari 2016 - 16:41 WIB
Sebulan, Enam Nyawa Melayang di Jalanan Gunungkidul
Sebulan, Enam Nyawa Melayang di Jalanan Gunungkidul
A A A
GUNUNGKIDUL - Polres Gunungkidul memiliki pekerjaan besar untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selama bulan Januari saja tercatat sebanyak 42 kasus kecelakan dengan enam korbannya meninggal dunia terjadi di wilayah hukum Gunungkidul.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Andrey Valentino mengatakan, kecelakaan lalu lintas sering kali terjadi lantaran mengabaikan aturan lalu lintas.

Untuk itu dia berharap semua warga masyarakat pengguna jalan bisa benar-benar menaati aturan yang telah ada. "Karena kelalaian adalah awal kecelakaan," terangnya, Kamis (28/1/2016).

Dijelaskan, pada bulan Januari ini terdapat 42 kejadian kecelakaan dengan 45 korban menderita luka-luka baik ringan, luka berat, dan enam meninggal dunia.

"Ini termasuk angka yang tinggi. Jadi kami harap masyarakat memahami aturan lalu lintas yang benar dan cara brkendara yang benar dan aman untuk mencegah terjadinya kecelakaan,” tandasnya.

Dijelaskannya, kejadian kecelakaan lalu lintas dari catatan Polres tidak hanya terjadi di ruas jalan utama dengan kepadatan lalu lintas yang tinggi.

Namun hal ini juga terjadi di jalur-jalurt non utama dan jalur-jalur yang sepi. "Kunci utama dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas,adalah berkendara dengan benar dan aman dengan menaati aturan lalu lintas," tandasnya.

Panit Humas Polres Gunungkidul Iptu Ngadino mengungkapkan,berbagai upaya dilakukan Polres Gunungkidul untuk memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat. Untuk unit Sat Lantas, juga dilakukan sosialisasi berkendara bagi siswa sekolah.

Hal ini, dimaksudnya untuk memberikan pengetahuan berkendara yang aman dan sesuai dengan aturan sehingga angka kecelakaan bisa ditekan.

"Sekarang memang tinggal masyarakatnya, karena sosialisasi berkendara yang benar sudah dilakukan," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6662 seconds (0.1#10.140)