Arca Dewa Siwa Ini Ditemukan saat Gali Tanah

Selasa, 05 Januari 2016 - 16:28 WIB
Arca Dewa Siwa Ini Ditemukan...
Arca Dewa Siwa Ini Ditemukan saat Gali Tanah
A A A
BOYOLALI - Warga Dukuh Ngares, Desa Kadireso, Kecamatan Teras, Boyolali dibuat gempar. Di salah satu sawah di wilayah setempat ditemukan patung yang diduga merupakan Arca Dewa Siwa. Patung ditemukan saat warga menggali tanah untuk dijadikan batu-bata.

Penemu arca Supardiyanto (38) warga Dukuh/Desa Doplang RT 05 RW 02, Kecamatan Teras, Boyolali mengatakan, arca ditemukan Senin pagi 4 Januari sekitar pukul 09.00 WIB.

Kala itu, dirinya tengah menggali tanah dengan linggis. Ketika galian memasuki kedalaman sekitar 75 centimeter, linggisnya membentur benda keras. Ketika digali lebih dalam, ternyata terdapat patung dengan posisi terbalik.

“Di sekitar arca dikelilingi tujuh batu batu besar berukuran segi empat. Sementara kepala arca menghadap ke utara,” kata Supardiyanto, Selasa (5/1/2016) siang.

Ketika diangkat, patung memiliki panjang sekitar 70 centimeter, lebar 40 centimeter, dan berat 50 kg. Kondisi arca masih utuh meski bagian dagu dan bahu sedikit rusak terkena linggis saat digali.

Pasca kabar penemuan arca menyebar, masyarakat berbondong-bondong ke lokasi untuk sekedar melihat. Selain dari Boyolali, mereka yang datang juga berasal dari Klaten maupun Sukoharjo.

Selanjutnya, arca akan dibawa pulang guna mencegah hilang dicuri orang. Penemuan benda yang ditengarai peninggalan purbakala telah dilaporkan ke pemerintah desa dan Kepolisian setempat.

Namun, sejauh ini belum ada tindaklanjut barang itu mau diapakan. Sekitar dua tahun lalu, tak jauh dari lokasi juga pernah ditemukan kendi kuno berukuran kecil.

“Lokasi tanah yang ditemukan arca merupakan tanah milik warga yang disewa untuk membuat batu-bata. Kami akan menyerahkan patung itu ke pihak berwajib,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)