Cari Ikan, Ribuan Warga Terjun ke Situ Lengkong

Minggu, 03 Januari 2016 - 16:01 WIB
Cari Ikan, Ribuan Warga Terjun ke Situ Lengkong
Cari Ikan, Ribuan Warga Terjun ke Situ Lengkong
A A A
CIAMIS - Ribuan warga terjun ke Situ Lengkong Panjalu di Blok Kubang, untuk berburu berbagai jenis ikan yang sebelumnya telah ditanam sebanyak 3 kuintal dalam acara Ngagubyag (3/1/2016).

Kegiatan tersebut sebagai rangkaian dalam menyambut upacara adat Nyangku yang akan dilaksanakan Senin 4 Januari 2016 mendatang.

Sekretaris 1 Yayasan Boros Ngora Tatang menuturkan Ngagubyag dilaksanakan sebagai sebuah tradisi ‘Mapag Nyangku’ atau rangkaian acara sebelum acara puncak tradisi Nyangku di Panjalu.

Seluruh masyarakat bebas terjun ke Situ Lengkong sambil membawa berbagai peralatan seperti jala dan sejenisnya, yang akan digunakan untuk menangkap ikan yang sebelumnya sudah ditanam.

"Alhamdulillah pesertanya mencapai ribuan, masyarakat sangat antusias langsung terjun bebas ke situ blok kubang, memang ikannya Cuma 3 kuintal, tetapi sebelumnya sudah banyak ikan yang hidup di situ," ungkapnya disela kegiatan.

Dikatakan, Ngagubyag di Situ Lengkong juga sudah dilakukan oleh para leluhur sejak jaman dulu, sebagai salah satu tradisi menangkap ikan.

Saat ini tradisi Ngagubyag tetap dilestarikan untuk dikenalkan kepada anak cucu supaya kedepan terus bisa melestarikannya.

"Di Situ ini juga kebersamaan dan silaturahmi bisa terus terjaga, tentunya menangkap ikan di Situ lebih sulit dibanding di Kolam jadi mau tidak mau mereka harus bekerjasama agar hasil ikan yang didapat banyak," katanya.

Lebih lanjut, berhubung baru mulai musim hujan, debet air di Situ Lengkong belum begitu banyak, sehingga belum terlalu dalam karena sebelumnya Situ sempat mengalami kekeringan saat musim kemarau.

"Sekarang baru musim hujan jadi airnya belum begitu banyak, anak-anak juga bisa tutun, karena kedalaman air baru sampai lutut orang dewasa, sebelum-sebelumnya emang cukup dalam," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6018 seconds (0.1#10.140)