Malam Pergantian Tahun, SAR Kaliurang Siagakan Seluruh Anggota

Kamis, 31 Desember 2015 - 18:38 WIB
Malam Pergantian Tahun,...
Malam Pergantian Tahun, SAR Kaliurang Siagakan Seluruh Anggota
A A A
SLEMAN - Tak seperti hari biasa, Search and Rescue (SAR) Linmas Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiagakan seluruh anggotanya secara bersamaan selama perayaan malam tahun baru hingga Jumat (1/1/2016) nanti.

Kini, selama 24 jam, 44 anggota disiagakan. "Total 44 anggota, disiagakan selama perayaan tahun baru. Untuk siang hingga malam," kata Koordinator SAR Linmas Kaliurang Kiswanta, Kamis (31/12/2015).

Selama libur panjang Natal dan Tahun Baru, memang banyak yang menjadi kekhawatirannya. Mulai pendakian ke Bukit Plawangan dan Pronojiwo, hingga gesekan antarpengunjung ketika ada acara konser musik.

Menurutnya, wisatawan yang mendaki ke dua bukit tersebu, biasanya juga tak membawa bekal yang lengkap. Hanya sebotol air mineral. "Bukitnya memang tidak terlalu berat untuk didaki," katanya.

Namun, hampir seminggu sekali selalu saja ada yang mengalami musibah, seperti tersesat, terpeleset, dan mengalami kram di kakinya. "Sering terjadi seperti itu. Tapi kebetulan, selama libur panjang ini belum ada," ujarnya.

Agus Riyanto, anggota SAR Kaliurang mengatakan kadang terjadi konflik ketika ada hiburan konser orkes melayu. "Seperti perayaan tahun baru sebelum-sebelumnya, selalu saja ada yang berkelahi saat ada hiburan musik," katanya.

Beberapa titik vital pun dijaga, di antaranya Tlogo Putri yang menjadi pusat perayaan, kemudian Taman Lampion.

"Jalur-jalur yang padat kendaraan juga akan diperbantukan mengatur lalu lintas. Sejak 11 Desember kemarin sudah padat dan akan mencapai puncaknya Jumat (1/1)," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3250 seconds (0.1#10.140)