Terompet Bersampul Kitab Jurumiah Ditemukan di Ciamis

Kamis, 31 Desember 2015 - 14:27 WIB
Terompet Bersampul Kitab...
Terompet Bersampul Kitab Jurumiah Ditemukan di Ciamis
A A A
CIAMIS - Beredarnya terompet yang terbuat dari kertas sampul Alquran di beberapa daerah di Indonesia, membuat jajaran Kodim 0613 Ciamis melakukan pengecekan di sejumlah pedagang terompet di wilayah Ciamis kota.

Dari hasil penyisirian yang dilakukan oleh Koramil 1301 Ciamis di beberapa titik Alun-alun Ciamis, ditemukan sebuah terompet terbuat dari sampul kitab Jurumiah yang bertuliskan huruf arab.

Dikhawatirkan akan menimbulkan keresahan di masyarakat, terompet tersebut diamankan dari pedagangnya bernama Agus di kawasan perempatan Toko Yogya, Jalan Perintis Kemerdekaan Ciamis.

“Kami mendapat perintah dari atasan untuk melakukan pengecekan di lapangan terkait adanya terompet yang terbuat dari sampul Alquran. Ternyata di Ciamis ditemukan satu terompet di kertas bagian dalamnya terdapat tulisan Arab,” ujar Danramil 1301 Ciamis Mayor Inf Ike Masrika, Kamis (31/12/2015).

Kata dia, terompet tersebut didapat dari penjual bernama Agus di kawasan perempatan Yogya. Dari hasil keterangan penjualnya, terompet tersebut diperoleh dari distributor yang lewat ke kawasan Ciamis.

“Untuk asalnya kami belum mengetahui, lantaran penjual membelinya dari distributor terompet yang lewat tanpa mengetahui asal pembuatan terompet itu," ungkapnya.

Lebih lanjut, sementara untuk penjualnya hanya dilakukan imbauan saja untuk lebih waspada ketika menjual terompet. Menurut Danramil, umumnya masyarakat Ciamis penjual terompet sudah waspada terlebih dahulu sebelum menjual.

“Kami sudah imbau kepada seluruh pedagang terompet untuk lebih waspada. Pengecekan ini dilakukan supaya kegiatan tahun baru berjalan aman dan kondusif,” jelasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)