40 Hari Wafatnya Pakualam IX, Keluarga dan Abdi Dalem Ziarah

Rabu, 30 Desember 2015 - 12:44 WIB
40 Hari Wafatnya Pakualam...
40 Hari Wafatnya Pakualam IX, Keluarga dan Abdi Dalem Ziarah
A A A
KULON PROGO - Keluarga Besar Kadipaten Puro Pakualaman Yogyakarta melakukan ziarah kubur di komplek Astana Girigondo, di Kaligintung, Temon, Kulon Progo.

Mereka melakukan doa dan tahlil di makam KGPAA Pakualam IX yang wafat pada 21 November lalu. “Ini (ziarah) dalam rangka peringatan 40 hari wafatnya Pakualaman IX,” jelas BPH Hario Seno, putra kedua Pakualam IX, Rabu (30/12/2015).

Ziarah dipimpin KPH Indrokusumo, diikuti putra dalem, rayi dalem, dan ratusan abdi dalem Pakualaman. Begitu tiba di lokasi, rombongan langsung menuju komplek makam Pakualaman IX di sisi tengah dari komplek Astana Girigondo.

Dipimpin juru kunci Mas Wedono Wasiludin, mereka menggelar doa dan tahlil. Acara dimulai dengan tabur bunga oleh keluarga, kerabat dan abdi dalem. “Maknanya sama untuk mendoakan. Tadi malam juga dilakukan doa dan tahlil di puro,” terangnya.

Sementara itu, KPH Indro Kusumo dalam melaksanakan doa dan tahlil sudah ada cara tersendiri yang ada di Pakualaman. Mulai dari peringatan tujuh hari, 40 hari, seratus hari, hingga satu tahun dan dua tahun. Terakhir peringatan seribu hari.

Sementara itu, juru kunci makam Astana Girigondo Mas Wedono Wasiludin mengatakan dalam ziarah hanya membacakan doa dan tahlil sama dengan peringatan tujuh hari. “Beberapa juru kunci juga ikut dalam kegiatan ini,” pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)