Pesawat T50 Golden Eagle Sempat Melintas di atas Makam Pangeran Purboyo

Senin, 21 Desember 2015 - 16:49 WIB
Pesawat T50 Golden Eagle Sempat Melintas di atas Makam Pangeran Purboyo
Pesawat T50 Golden Eagle Sempat Melintas di atas Makam Pangeran Purboyo
A A A
YOGYAKARTA - Belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat T50 Golden Eagle di Kompleks Lanud Adisucipto Yogyakarta. Tim investigasi dari Mabes TNI AU tengah mencari data untuk mengungkap penyebabnya.

Namun, ada rumor di masyarakat karena pilot melintas diatas makam Pangeran Purboyo di Wot Galeh, Berbah, Sleman.

Lokasi makam keramat itu berada di area perkebunan tebu, sebelah selatan Lanud Adisucipto Yogyakarta.

"Kata orang-orang dulu, kalau melintas diatas makam Pangeran Purboyo bisa jatuh. Bisa jadi, pesawat yang jatuh itu karena melintas diatas makam," kata Mijun, warga Prambanan, dalam obrolan santai dengan Okezone, Senin (21/12/2015).

Semua pilot, tidak ada yang berani melanggar dengan mencoba melintas di atas makam tersebut. Jika ada yang berani mencoba, imbasnya jatuh saat terbang.

"Enggak tau ada kekuatan apa disitu, tapi memang keramat katanya. Pantangannya jangan melintas diarea sekitar makam, saya kira para pilot dan TNI AU sudah tau soal pantangan itu," jelasnya.

Meski hanya menduga, namun fenomena larangan itu melekat hingga kini. Komplek makam itu selalu dikunjungi orang untuk melakukan ritual pada Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon dalam kalender Jawa.

"Tapi enggak tau juga lho soal pesawat yang jatuh kemarin. Bisa saja karena mesin mati, atau terlambat menghendel gas," kata pemilik bengkel ProMijun ini.

Sebagai gambaran, Pangeran Purboyo merupakan putra Penembahan Senopati dari Rara Lembayung, putri Ki Ageng Giring, dari Mataram. Karena sakti, Purboyo menjadi senopati perang prajurit Mataram saat Sultan Agung bertahta.

Hingga kini, komplek makam itu dijaga para abdi dalem Kraton Yogyakarta secara bergiliran. Terdapat pagar putih dalam kompleks makam. Berdiri masjid tua yang hingga kini dipergunakan untuk ibadah. Dibelakang masjid, terdapat sumur yang konon dibuat oleh Pangeran Purboyo.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6684 seconds (0.1#10.140)