Wartawan Karanganyar Tak Akui AWPI

Jum'at, 20 November 2015 - 21:55 WIB
Wartawan Karanganyar Tak Akui AWPI
Wartawan Karanganyar Tak Akui AWPI
A A A
KARANGANYAR - Forum Wartawan Karanganyar tidak mengakui adanya ornganisasi Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI).

Pasalnya pengurus dan juga anggota organisasi itu bukan merupakan orang yang berprofesi sebagai wartawan.

Ketua Forum Wartawan Karanganyar Ari Purnomo, mengatakan organisasi tersebut berisikan orang-orang yang tdiak bekerja sebagai pencari berita.

Selain itu para pengurus dan anggotanya juga tidak memiliki media massa yang jelas seperti seperti orang yang memiliki profesi sebagai wartawan. sehingga mereka tidak seharusnya mengatasnamakan organisasi mereka sebagai organisasi wartawan.

Ia mengatakan penggunaan nama wartawan dalam organisasi tersebut menurutnya justru menimbulkan pertayaan.

Disinyalir penggunaan nama wartawan itu dilakukan sebagai upaya untuk kepentingan tertentu dengan mengatasnamakan wartawan.

Padahal wartawan merupakan sebuah profesi yang pekerjaanya melakukan peliputan dan mengabarkan berita kepada masyarakat.

"Mereka tidak punya media dan tidak pernah melakukan peliputan berita lah kok ngaku sebagai wartawan," ucapnya, Jumat (20/11/2015) siang.

Ari berharap kepada semua pihak untuk berhati-hati dengan pengurus dan anggota organisasi tersebut.

Pasalnya sejak didirikan saja mereka sudah berbuat bohong dengan mengaku sebagai wartawan dan ke depan pasti mereka memiliki tujuan tertentu di Kabupaten Karanganyar.

Ia juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk tidak memberikan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) terhadap organisasi tersebut.

Jika ke depan mereka diakui dan terdaftar sebagai anggota resmi, maka dikhawatirkan akan muncul organisasi-organisasi profesi lain, seperti organisasi dokter, atau organisasi perawat yang anggotanya bukan orang-orang yang berprofesi dibidang itu.

"Hal ini ke depan akan sangat membahayakan, maka dari itu kami minta organisasi ini tdiak diakui oleh pemerintah," ucapnya.

Sebelumnya Bupati Karanganyar Juliyatmono sudah menerima aduan dari wartawan Karanganyar.

Menurutnya ia akan mengkroscek terlebih dahulu organisasi itu di bagian Kesbagpolinmas Karanganyar. nantinya apakah organisasi itu memenuhi syarat sesuai yang ditentukan atau tidak.

Perlu diketahui beberapa hari terakhir ini sejumlah instansi di kabupaten karanganyar diberi surat pemberitahuan oleh AWPI yang berisi susunan organisasi AWPI Karanganyar.

Surat tersebut menjadi pembicaraan hangat, mengingat yang ada dalam organisasi itu bukanlah orang yang bekerja sebagai wartawan.

Sebelum memberikan surat tersebut, terdengar kabar bahwa orang-orang yang tergabung dalam AWPI meminta jatah proyek yang ada di Karanganyar.

Proyek yang diminta adalah proyek fisik dari APBD Kabupaten Karanganyar. meski demikian DPU Karanganyar enggan membenarkan masalah tersebut ketika diklarifikasi.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6496 seconds (0.1#10.140)