Kebakaran Hutan di Gunung Lawu Mengarah ke Pemukiman

Jum'at, 23 Oktober 2015 - 09:58 WIB
Kebakaran Hutan di Gunung Lawu Mengarah ke Pemukiman
Kebakaran Hutan di Gunung Lawu Mengarah ke Pemukiman
A A A
SURABAYA - Petugas Gabungan masih berjibaku untuk memadamkan api di Gunung Lawu, Magetan. Lokasi kebakaran berada di Jalur pendakian I dan II, Cemoro Sewu.

Data yang dihimpun dari Pusat Pengendalian dan Opersai (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menyebutkan, api mengarakan ke Pemukiman penduduk di Wilayah Cemoro Sewu namun dapat dikendalikan.

Sekitar pukul 17.11 WIB, Kamis 22 Oktober 2015 api yang mengarah ke pemukiman di Cemoro Sewu telah dapat di padamkan.

Satu unit PMK dan Satu unit tangki pendukung milik pemadam kebakaran masih disiagakan di Cemoro Sewu untuk mengantisipasi api membesar dan menjalar kembali. Dan satu unit mobil tangki di siagakan guna mengirim air bersih warga Cemoro Sewu.

Sekitar pukul 20.40 WIB, api yang mengarah ke pemukiman di wilayah Cemoro Sewu dapat dikendalikan.

Unit pemadam masih tetap disiagakan di wilayah Cemoro Sewu. Hari ini, Jumat (23/10/2015) pihak Perhutani melakukan penyisiran guna mengantisipasi dan mendeteksi kemungkinan adanya bara api yang masih menyala. Pasalnya, struktur bebatuan yang dimungkinkan masih menyimpan bara api.

BPBD Kabupaten Magetan telah berkoordinasi dengan Perhutani dan PU. Unit PMK Kabupaten Magetan telah bergerak menuju Cemoro Sewu guna mengantisipasi rambatan api yang menuju ke pemukiman.

"Distribusi air dilakukan secara manual karena pipa aliran air rusak terbakar. Hal ini untuk mencukupi kebutuhan air bersih di Cemoro Sewu," ujar Kepala BPBD Magetan.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9029 seconds (0.1#10.140)