Jalan Penghubung Majalengka-Indramayu Ambles Lagi

Rabu, 21 Oktober 2015 - 00:41 WIB
Jalan Penghubung Majalengka-Indramayu Ambles Lagi
Jalan Penghubung Majalengka-Indramayu Ambles Lagi
A A A
MAJALENGKA - Badan jalan penghubung antara Kabupaten Majalengka dan Indramayu di Desa Jatitujuh, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kembali ambles. Padahal, jalan tersebut baru diperbaiki kurang lebih lima bulan lalu.

Tino, 32, warga Jatitujuh, Kabupaten Majalengka mengaku selalu berhati-hati ketika melintasi lokasi tersebut. Pria yang bekerja sebagai petani ini menuturkan, jika kerusakan pada jalan tersebut tidak segera diperbaiki, tidak menutup kemungkinan bertambah parah.

"Kerusakan ini lumayan sudah beberapa minggu lalu, padahal kan baru diperbaiki kurang lebih lima bulan lalu. Tapi sayang tidak bertahan lama," ujar dia, Selasa (20/10/2015).

Hal senada dituturkan warga Jatitujuh lainnya, Nana Waskana (38). Menurut dia, semestinya instansi terkait segera bertindak melihat kerusakan tersebut.

"Apalagi sebentar lagi musim hujan. Kalau amblesnya parah seperti sebelumnya, pengguna jalan juga yang jadi korbannya. Jadi sebaiknya diambil tindakan sebelum semakin parah," paparnya.

Warga Jatitujuh lainnya, Koswara, mengatakan, penyebab kembali amblesnya jalan tersebut selain abrasi oleh Sungai Cimanuk yang letaknya berdampingan, juga kurang sempurnanya pekerjaan yang dilakukan sebelumnya.

"Mungkin saat membuat dulu, pemadatan tanah kurang sempurna, sehingga saat ini ambles. Badan jalan yang ambles itu hanya di sekitar badan jalan yang persis di sisi Sungai Cimanuk. Tanah di sekitar lokasi juga termasuk labil," katanya.

Berdasarkan pantauan, kerusakan bagian badan jalan di sisi Sungai Cimanuk ambles kurang lebih sepanjang 3 meter. Kerusakan tersebut terdapat pada satu sisi yang tidak jauh dengan Kantor Mapolsek Jatitujuh, dengan kedalaman 10 cm.

Kerusakan yang terdapat di sisi timur hanya ditimbun dengan pasir dan batu. Sebelum ditutup, titik tersebut tidak hanya ambles, namun juga terdapat retakan cukup dalam.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9323 seconds (0.1#10.140)