Penyisiran di Gunung Lawu Terkendala Api

Senin, 19 Oktober 2015 - 18:20 WIB
Penyisiran di Gunung Lawu Terkendala Api
Penyisiran di Gunung Lawu Terkendala Api
A A A
KARANGANYAR - Selain mengevakuasi korban tewas dan luka, Tim SAR Gabungan Senin siang juga sempat melakukan penyisiran di Gunung Lawu.

Penyisiran itu dilakukan untuk mencari para pendaki yang masih tersisa di atas. Sebab, diketahui ada puluhan pendaki yang masih berada di atas pada Senin siang.

Namun, proses penyisiran itu terkendala karena api semakin membesar. Tim SAR Gabungan yang berjumlah ratusan terpaksa tertahan
di pos satu jalur pendakian Cemoro Sewu akibat besarnya api.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sebagian besar personel ditarik kembali ke bawah. "Kita tadi sempat naik untuk menyisir namun sementara kita urungkan karena kondisi tidak memungkinkan," tegas Komandan Operasi SAR Kebakaran Lawu AKBP Johanson Ronald Simamora, Senin (19/10/2015).

Aktivis Komunitas Pencinta Alam Anak Gunung Lawu (AGL) Budi mengatakan setidaknya ada puluhan pendaki yang masih tertahan di atas pascaterbakarnya tujuh pendaki yang ada.

Namun, para pendaki itu sudah diminta untuk turun melalui jalur Cemoro Kandang. Jalur itu merupakan yang paling aman untuk dilalui hingga Senin siang.

Menurutnya, sebagian besar pendaki yang terdeteksi asal-usulnya sudah berangsur-angsur turun dengan selamat. "Kalau yang pas naik lapor ke petugas semua sudah berhasil disisir dan satu per satu turun. Namun yang dikhawatirkan adanya pendaki yang saat naik tidak melapor dan menjadi korban kebakaran," tegasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9129 seconds (0.1#10.140)