Asap Selimuti Danau Toba, Pariwisata Samosir Meradang

Minggu, 18 Oktober 2015 - 23:03 WIB
Asap Selimuti Danau Toba, Pariwisata Samosir Meradang
Asap Selimuti Danau Toba, Pariwisata Samosir Meradang
A A A
SAMOSIR - Kabut asap yang menyelimuti kawasan Danau Toba Sumatera Utara (Sumut) menjadi ancaman serius bagi pariwsiata Danau vulkanik terbesar di dunia itu.

Kepala Dinas Pariwisata Samosir Ombang Siboro mengatakan bahwa saat ini dapat dipastikan jumlah wisatawan di Samosir tidak mencapai puluhan orang untuk wisatawan mancanegara.

Bahkan Ombang memaparkan bahwa masih adanya turis yang datang ke Samosir saat ini bukanlah karena ingin menikmati danau toba.

Namun karena sudah terlanjur membuat agenda di kawasan Sumut. "Jadi kita berharap pemerintah segera mengambil sikap untuk ini. Secara kusus untuk kabaupaten Samosir yang hidup dari dunia pariwisata ini akan memberikan dampak yang sangat fatal," katanya.

Mantan Asisten I pemerintah tersebut menambahkan bahwa kondisi Samosir saat ini ditutupi kabut asap. Serta tidak ada panorama yang dapat dinikmati para wisatawan.

"Selain itu wisatwan mancanegara juga sangat membeci asap akibat kerusakan lingkungan. Karena akan berdampak pada kesehatan. jadi harus ada solusi yang sesegera mungkin," paparnya.

Sementara itu salah seorang pengusaha di Samosir, Luker Sidabutar mengatakan bahwa biasanya mereka melayani wisatawan mancanegara minimal sepuluh dalam satu hari.

Namun saat ini bisa saja dalam satu hari tidak ada turis asing yang dilayani. "Dan itu sudah terjadi dalam dua pekan terakhir. Akibatnya bisnis restauran dan hotel kita tidak memberikan hasil," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4912 seconds (0.1#10.140)