Hutan Gunung Lotu Terbakar

Rabu, 07 Oktober 2015 - 03:50 WIB
Hutan Gunung Lotu Terbakar
Hutan Gunung Lotu Terbakar
A A A
SUWAWA - Puluhan hektare hutan Gunung Lotu di Desa Duano, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, hangus, Selasa (6/10/2015) malam. Sebagian besar yang terbakar adalah hutan bambu dan ilalang yang memang menutupi sebagian besar gunung ini.

Kondisi hutan yang kering akibat kemarau panjang membuat api dengan cepat membakar hutan. Embusan angin juga membuat api dengan cepat merambat mendekati permukiman warga Desa Duano yang berada di kaki Gunung Lotu ini.

Mengantisipasi hal ini, puluhan petugas pemadam kebakaran yang didukung tiga unit mobil pemadam serta petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Polres Bone Bolango diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Bone Bolango Gagarin Hunawa, kebakaran ini ternyata sudah terjadi sejak Senin lalu. "Namun, karena titik awal api yang berada di puncak gunung membuat petugas hanya mampu memadamkan sebagian api," kata Gagarin, Selasa malam.

Hari ini, petugas akan menambah personel serta meminta bantuan tambahan mobil pemadam kebakaran dari Pemkot Gorontalo serta Pemprov Gorontalo.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4368 seconds (0.1#10.140)