Kabut Asap, Ratusan Warga Padangsidimpuan Terjangkit ISPA

Selasa, 06 Oktober 2015 - 08:28 WIB
Kabut Asap, Ratusan Warga Padangsidimpuan Terjangkit ISPA
Kabut Asap, Ratusan Warga Padangsidimpuan Terjangkit ISPA
A A A
PADANGSIDIMPUAN - Akibat kabut asap, 387 warga Padangsidimpuan menderita ISPA dan harus mendapat perawatan di rumah sakit.

Pantauan di lokasi, puluhan pasien yang terjangkit ISPA di antaranya anak-anak serta orang dewasa yang memenuhi rumah sakit kebanggan warga Kota Padangsidimpuan tersebut.

Tety Erawati (28), salah satu orang tua pasien mengatakan, anaknya sudah menjalani perawatan di RSUD Kota Padangsidimpuan sejak tiga hari yang lalu.

Dia menjelaskan, daya tahan tubuh anaknya mulai menurun sejak terjadi bencana kabut asap melanda Kota Padangsidimpuan.

Awalnya, anak perempuannya itu mengalami batuk-batuk dan deman. Namun, kondisinya kesehatannya semakin menurun, sehingga harus dibawa ke RSUD Kota Padangsidimpuan.

"Sejak ada kabut ini, anak saya sudah sakit. Awalnya, dia hanya batuk, namun sekarang sudah deman, makanya kami bawa ke rumah sakit," ujarnya.

Apabila kabutnya redah atau menipis lanjut Tety, maka kondisi anaknya membaik, namun sebaliknya, apabila kabut asapnya semakin parah, maka daya tahan tubuh anaknya langsung menurun.

Saya khawatir, apabila kondisi seperti ini masih lama, maka akan terjadi sesuatu pada anak saya," tegasnya.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Kota Padangsidimpuan Nurlaila Hayati Lubis mengatakan, peningkatakan pasien ISPA tersebut sudah dirasakan sejak dua pekan lalu, tepatnya saat Kota Padangsidimpuan mulai dilanda kabut asap. "Kenaikan pasien yang datang berobat mencapai 30%," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4649 seconds (0.1#10.140)