Akibat Asap, Ribuan Warga Kalbar Terjangkit ISPA dan Diare

loading...
Akibat Asap, Ribuan Warga Kalbar Terjangkit ISPA dan Diare
Akibat Asap, Ribuan Warga Kalbar Terjangkit ISPA dan Diare
KALIMANTAN BARAT - Ribuan warga Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) terjangkit penyakit ISPA dan diare akibat kabut asap yang terus menyelimuti wilayah tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Berly Hamdani meningkatnya penderita ISPA dan diare disebabkan oleh dampak kabut asap yang semakin tebal sedangkan untuk penderita diare karena kian menipisnya pasokan air bersih yang dikonsumsi oleh masyarakat.

"ISPA dan diare memang sangat rentan di alami oleh masyarakat saat musim kemarau seperti ini, apalagi sejak sebulan terakhir ini tidak ada turun hujan, sehingga persediaan air bersihpun semakin minim," kata Berly, Selasa (29/9/2015).

Berly mengimbau kepada warga masyarakat khususnya di Kubu Raya dan masyarakat Kalbar pada umumnya untuk selalu menggunakan masker ketika akan keluar rumah serta tidak mengkonsumsi air yang tidak jelas, karena kondisi air yang ada saat ini sebagian besar telah tercemar asap.



"Kita berharap masyarakat tetap harus lebih memperhatikan pola makan dan minum dengan kondisi yang saat ini, karena kondisi cuaca yang ada ini memang sangat buruk dan sangat rentan dengan berbagai penyakit," sebut Berly.

Untuk menimalisir jumlah pasien ISPA dan diare yang terus meningkat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya telah menyiagakan semua Puskesmas dan juga Puskesmas pembantu (Pustu) yang ada di Kubu Raya untuk penyediaan obat-obatan yang diperlukan masyarakat serta sarana pendukung lainnya.

"Kita sudah menyediakan obat-obatan yang di perlukan masyarakat pada setiap puskesmas dan juga Pustu di setiap kecamatan di Kabupaten Kubu Raya tersebut," pungkasnya.
(nag)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top