Kawasan Gunung Merbabu Terbakar Lagi

Selasa, 29 September 2015 - 07:12 WIB
Kawasan Gunung Merbabu Terbakar Lagi
Kawasan Gunung Merbabu Terbakar Lagi
A A A
BOYOLALI - Kebakaran kembali melanda kawasan Gunung Merbabu. Kali ini, kebakaran terjadi di kawasan hutan sisi timur, tepatnya di wilayah Kecamatan Ampel Boyolali.

Kepala Desa Ngagrong, Kecamatan Ampel, Boyolali Sutardi mengatakan, kebakaran terjadi sejak Minggu 27 September 2015 lalu sekitar pukul 22.00 WIB. Titik api berada di atas Dukuh/Desa Ngagrong dengan ketinggian sekitar 2.000 hingga 2.500 mdpl.
Pada pagi harinya, warga bersama belasan personel remaja pecinta alam (Rempala) sudah naik ke lokasi kebakaran. Jarak tempuh dari dukuh terdekat menuju titik api sekitar sektar 5-6 jam.

Pada siang harinya, rombongan telah berada di lokasi. Kobaran api dilaporkan sudah membesar dan menyebar karena vegetasi di lokasi kebakaran telah kering akibat kemarau. “Kawasan yang terbakar diperkirakan sekitar 12 hektare di wilayah Sabana 2. Api membakar tanaman rerumputan, perdu dan edelwies,” ujar Sutardi, Senin 28 September 2015 malam.

Pemadaman api dilakukan secara manual dengan menggunakan gepyok. Pemadaman tidak mudah karena lokasinya sulit dijangkau. Selain jarak tempuh ke titik api memakan waktu lama, medan ke lokasi juga terjal.

Ditambah hembusan angin yang cukup kencang di atas gunung.
Agar tidak menyebar ke atas atau ke bawah menuju pemukiman warga, rombongan membuat sekat serta parit untuk melokasilisir api.

Sejauh ini, api cenderung merembet ke arah puncak. Pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran. Namun biasanya, kebakaran di wilayah hutan Gunung Merbabu disebabkan faktor manusia yang membuang puntung rokok sembarangan atau membakar rerumputan.

Selain memadamkan api, sejumlah warga juga naik untuk mengecek saluran pipa air dari Tuk Sipendok yang tidak jauh dari titik api. Sebab bersamaan dengan munculnya api, air yang menuju pemukiman juga macet. “Apakah saluran air rusak terbakar atau tidak, akan dicek lebih dulu,” lanjutnya.

Sebelumnya, area Gunung Merbabu juga mengalami kebakaran pada akhir Agustus lalu. Puluhan hektar hutan Merbabu di sisi Magelang, Boyolali hingga Semarang terbakar.

Selain warga dan Rempala, personel Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) dan personel Kodim 0724/Boyolali juga ikut naik ke atas untuk membantu upaya pemadaman.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3289 seconds (0.1#10.140)