Hutan Lereng Gunung Arjuno Terbakar

Selasa, 22 September 2015 - 20:50 WIB
Hutan Lereng Gunung Arjuno Terbakar
Hutan Lereng Gunung Arjuno Terbakar
A A A
BATU - Kebakaran hutan lindung terjadi di lereng Gunung Arjuno, Kota Batu, Jawa Timur. Api membakar kawasan hutan lereng selatan dan lereng sebelah timur yang masuk wilayah Kabupaten Malang.

Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Ismu menjelaskan, kawasan hutan di lereng Gunung Arjuno terbakar sejak Minggu (20/9/2015) petang. Belum diketahui penyebab kebakaran di lereng Gunung Arjuno itu.

"Kami bersama relawan dan pencinta alam dan pengelola Tahura R Soerjo berjumlah lebih dari 22 orang sejak Senin pagi naik ke lokasi yang terbakar. Kita buat gantangan di area yang terbakar supaya apinya tidak meluas," jelas Ismu, Selasa (22/9/2015).

Dia menjelaskan, luas area hutan yang terbakar diperkirakan lebih dari 40 hektar. "Suhu udara di lereng Gunung Arjuno sangat panas. Bisa jadi kebakaan itu faktor alam. Kita berharap semoga segera turun hujan, agar apinya segera padam," ungkap Ismu.

Saat malam hari, kobaran api nampak jelas dari Alun-alun Kota Batu. Kira-kira ada 10-15 titik api terus membara. Saat siang hari kepulan asap putih terlihat menutupi lereng Gunung Arjuno sisi selatan dan timur.

Eko, pengelola Tahura R menyatakan, hingga Senin malam relawan belum turun dari lereng Gunung Arjuno. "Kita belum mengetahui berapa luas hutan yang terbakar," urai Eko.

Menurutnya, petugas Tahura sejak Senin siang membuka posko di Desa Sumbergondo. "Harapan kita semoga teman-teman yang naik kelereng gunung. Bisa memadamkan apinya. Agar kebakaran hutan tidak meluas," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2702 seconds (0.1#10.140)