Kabut Asap Pengaruhi Perekonomian Pontianak

Sabtu, 19 September 2015 - 03:30 WIB
Kabut Asap Pengaruhi Perekonomian Pontianak
Kabut Asap Pengaruhi Perekonomian Pontianak
A A A
PONTIANAK - Kabut asap yang terjadi selama kurun waktu tiga bulan belakangan ini sangat memengaruhi perekonomian Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sebab, aktivitas bisnis terhambat.

Akibat bencana kabut asap, banyak penerbangan yang harus ditunda jam kedatangan dan keberangkatannya. Bahkan, sebagian penerbangan tidak beroperasi akibat jarak pandang terbatas.

"Jika penerbangan diundur keberangkatannya, maskapai penerbangan bisa merugi hingga Rp200 juta per pesawat. Begitu juga pada bidang pelayaran, para nakhoda kapal enggan melaut diakibatkan jarak pandang yang terbatas," kata Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalbar Dwi Suslamanto, Jumat (18/9/2015).

Sementara, di bidang perhotelan, terjadi penurunan pengunjung sebesar 30 persen. "Jika keadaan ini tidak segera ditangani, maka inflasi di Kota Pontianak bisa meningkat," tegasnya.

Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak Eddy Suratman mengatakan, bencana kabut asap ini sangat memengaruhi aktivitas perekonomian di Kota Pontianak. "Pemerintah harusnya bertindak tegas dan keras menghukum oknum pembakar lahan."

PILIHAN:
Bentrokan di Denpasar, Dua Terluka

Mengaku Diperkosa Tiga Pemuda, Wanita Tunawicara Lapor Polisi
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.7898 seconds (0.1#10.140)