Ada 223 Titik Panas di Kalbar

Rabu, 16 September 2015 - 17:27 WIB
Ada 223 Titik Panas di Kalbar
Ada 223 Titik Panas di Kalbar
A A A
SUNGAI RAYA - Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak melalui Citra Satelit Modis, Rabu (16/9/2015), terdapat 223 hot spot atau titik panas yang tersebar di wilayah Kalimantan Barat.

Rinciannya, di Kabupaten Ketapang ada 192 hot spot, Kabupaten Kayong Utara terdapat 24 hot spot, Kabupaten Kapuas Hulu tiga hot spot, dan Kabupaten Mempawah sebanyak empat hot spot.

Sementara itu, dari pantauan BMKG Supadio melalui Citra Satelit NOAA-18 terdapat 14 hot spot di Kalimantan Barat. Rinciannya, di Kabupaten Ketapang sebanyak empat hot spot, Kabupaten Sintang tujuh hot spot, Kabupaten Kapuas Hulu satu hot spot, dan Kabupaten Kayong Utara terpantau dua hot spot.

Menurut Prakirawan BMKG Dasmian, melalui pantauan Citra Satelit Modis, titik api terbanyak saat ini adalah Kabupaten Ketapang, sedangkan pantauan Citra Satelit NOAA-18 Kabupaten Sintang memiliki banyak titik api.

"Dengan banyaknya terdapat titik api ini, diharapkan kepada warga masyarakat agar tetap selalu berhati-hati dalam membuka lahan dengan cara membakar, karena dengan bertambahnya titik api yang ada ini, menyebabkan kondisi cuaca yang akan semakin buruk," jelas Dasmian.

Dasmian menambahkan, dalam beberapa hari ke depan, wilayah Kalimantan Barat bagian utara akan turun hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan wilayah Kalbar bagian Selatan, hujan akan sangat kecil terjadi, bahkan hanya hujan lokal yang ringan.

PILIHAN:
MUI Kutuk Peredaran Hijab Motif Wanita Telanjang
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5471 seconds (0.1#10.140)