BRI Relaunching Laku Pandai di Balige

Sabtu, 12 September 2015 - 10:43 WIB
BRI Relaunching Laku Pandai di Balige
BRI Relaunching Laku Pandai di Balige
A A A
MEDAN - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melakukan relaunching program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Dermaga Kota Balige, Jalan Bukit Barisan, Balige, Jumat (11/9).

Direktur Komersial PT BRI (Persero), Donsuan Simatupang, mengatakan, sebagai salah satu konsep perluasan delivery channel kepada seluruh lapisan masyarakat, BRI sangat mendukung program Laku Pandai yang diinisiasi OJK. Sebab, hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia belum bisa mengakses layanan perbankan, terutama di daerah-daerah yang jauh dari pusat perekonomian.

“Dengan Program Laku Pandai, seluruh lapisan masyarakat bisa terjangkau layanan perbankan,” katanya. Donsuan menjelaskan, program Laku Pandai di BRI dikenal dengan nama Agen BRILink, atau secara operasional didefinisikan sebagai layanan keagenan BRI.

Dalam hal ini, BRI bekerja sama dengan pihak ketiga atau agen untuk melayani berbagai layanan perbankan bagi masyarakat, baik nasabah BRI maupun nonnasabah BRI, khususnya yang belum terlayani oleh bank secara administratif. Melalui agen BRILink, nasabah BRI maupun masyarakat umum bisa mendapat pelayanan sama seperti di Kantor BRI.

Dari sisi funding, produk yang disediakan agen BRILink adalah Tabunganku dengan karakteristik Basic Saving Account (BSA). Produk tabungan ini dapat diakses langsung melalui agen BRILink terdekat tanpa dikenakan biaya administrasi, dan biaya transaksi lebih murah. Sementara dari sisi lending, agen BRILink bisa melayani permohonan Kredit Kupedes dan Kupedes Rakyat.

Dilengkapi perangkat electronic data capture (EDC), agen BRILink juga bisa memberikan jasa layanan perbankan lain meliputi setor dan tarik tunai, pembayaran angsuran pinjaman BRI, transfer antarrekening perbankan, pembelian pulsa telepon, token listrik PLN, dan sebagainya.

Hingga saat ini, untuk wilayah Sumut, BRI telah memiliki 2.247 agen BRILink dengan total transaksi selama tahun 2015 sebesar 597.039 transaksi, dan total volume Rp2,4 triliun. Sementara secara nasional telah menembus angka 34.800 dan 10,7 juta transaksi finansial dan volume Rp16,65 triliun.

Dewan Komisaris OJK, Nelson Tampubolan, mengatakan, BRI menjadi bank pertama yang me-relaunching program Laku Pandai. Bank diharapkan terus mengembangkan program ini. “Program ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang sangat membutuhkan layanan perbankan, termasuk di Balige ini,” katanya.

Eko agustyo fb
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1671 seconds (0.1#10.140)