Persib Menang Sempurna

Jum'at, 11 September 2015 - 10:31 WIB
Persib Menang Sempurna
Persib Menang Sempurna
A A A
BANDUNG - Persib Bandung meraih kemenangan sempurna saat mengalahkan Martapura FC dengan skor telak 4-0 di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, tadi malam.

Dengan kemenangan terse - but, posisi Persib Bandung ma - kin kokoh di puncak klasemen Grup A Piala Presiden 2015. Se - lain itu, kemenangan Persib mem bawa berkah bagi Perse - baya United yang bisa lolos ke ba bak delapan besar setelah se - belumnya unggul atas Persiba Balikpapan. Pada laga Persib versus Mar - ta pura FC, Zulham Zamrun men ciptakan hattrick, yakni tepat di menit ke-12, 42 dan 81. Sedangkan satu gol sisanya di - cip takan Makan Konate tepat di menit ke-70.

Dengan kemenangan terse - but maka perolehan Persib di klasemen akhir Grup A menjadi 9 poin. Bahkan menjadikan satu-satunya tim yang belum per nah mengalami kekalahan ataupun imbang selama me - nga rungi babak penyisihan Grup. Kemenangan sempurna Per sib atas Martapura juga se - ka ligus mengantarkan Perse ba - ya United lolos ke babak delapan besar.

Lantaran di laga se be - lumnya tim berjuluk Bajul Ijo berhasil memetik tambahan tiga poin seusai menum bang - kan Persiba Balikpapan dengan skor akhir 4-1. “Ya, kami menjadi satu-satu - nya tim yang di babak grup me - raih 9 poin. Satu-satunya tim yang clean sheet sama dengan PSM Makassar. Tapi mungkin kami lebih produktif karena 9 poin. Senang karena pemain yang jarang main bisa me main - kan peran dengan bagus, ritme permainan tinggi. Maka saya ti - dak khawatir untuk me main - kan mereka,” ujar Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman saat di te - mui seusai pertandingan.

Meski begitu, Djanur ber ha - rap para pemainnya tidak juma - wa, sebab perjalanan Persib di turnamen Piala Presiden 2015 baru setengah perjalanan. Apa - lagi, lanjut Djanur saat ini pa su - kan nya tengah dilanda cedera.

Setelah sebelumnya, M Ridwan, Supardi, Ilija Spasojevic, dan Dedi Kusnandar. Kali ini di ala - mi Zulham Zamrun, Taufiq, dan Dias Angga Putra. “Jumlah pe main kami yang cedera cukup mengkhawatir - kan. Selama sem bilan hari per - tan dingan me mang cukup ris - kan. Mudah-mudahan yang ke - marin cedera, sudah sembuh,” harap Djanur.

Masih banyak opsi yang akan dilakukan Djanur untuk menutup pemain yang meng - ala mi cedera. Sehingga diha rap - kan pemain yang meng gan ti - kan posisi bisa bermain dengan baik. Di babak delapan besar nanti, ungkap Djanur, segala kekurangan Persib Bandung dapat diperbaiki, sehingga tar - get menjadi juara Piala Presiden 2015dapat tercapai. “Saya sudah hitung-hi tu - ngan, masih banyak opsi. Se per - ti tadi (kemarin) ketika Dias ke - luar ada Agung di situ. Taufiq ti - dak ada, ada yang meng gan ti - kan,” tutur pelatih kelahiran Su - medang ini.

Sementara itu, Pelatih Mar - ta pura FC Frans Sinatra Huwae mengatakan, banyak kesalahan komunikasi antarpemain Mar - ta pura menjadi salah satu fak - tor penyebab kekalahan. Na - mun, dia tetap bangga dengan para pemain yang memiliki daya juang tinggi meski sudah ketertinggalan banyak gol. “Pertandingan sangat ba - gus, sangat bermutu. Kami akui kalah 4-0, kalah banyak karena miss kiper dan pemain be la - kang. Gol Persib menurunkan daya juang pemain. Persib pu - nya peluang, kami juga ada. Tapi peluang kami tidak jadi gol, ya itulah sepak bola,” kata Frans.

Menurut dia, di antara dua laga sebelumnya, Rizky Pora dan kawan-kawan tampil lebih bagus ketika melawan Persib. Banyak hal yang menjadi pe la - jaran berharga untuk tim Mar - ta pura FC. “Kalau bicara penampilan anak-anak, hari ini (kemarin) lebih bagus dan berani. Daya juang mereka saya hormati ka - rena sudah berusaha semak si - mal mungkin. Banyak pelajaran yang dipetik,” tutur dia.

Laga Berlangsung Sengit

Sesuai dengan janjinya, meng hadapi Martapura FC, pe - latih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman menurunkan be be - rapa pemain yang selama kerap dibangkucadangkan. Seperti pada posisi penjaga gawang yang ditempati M Natshir. Lalu di barisan belakang, Dias Angga Putra, Jajang Sukmara, Vladi - mir Vujovic dan Abdul Rahman yang menggantikan peran Achmad Jufriyanto.

Di lini tengah, Taufiq di be ri - kan kepercayaan untuk berduel dengan M Agung Pribadi. Di de - pan dipercayakan kepada Yandi Sofyan Munawar. Sejak peluit dibunyikan, Per sib langsung menerapkan ball possesion. Bola mengalir dari belakang ke t e - ngah. Namun nam paknya ma - sih bersabar un tuk melakukan tusukan ke jan tung pertahanan lawan.

Peluang pertama Persib lang sung didapatkan di menit ke-3 setelah wasit per tan di - ngan memberikan tendangan bebas tepat di garis area ter la - rang lawan. Sayang, sepakan Zul ham Zamrun masih mem - ben tur pertahanan lawan. Martapura FC pun men da - pat kan peluang yang sama. Namun beruntung, kiper M Natshir masih bisa menangkap bola yang dilesatkan dengan baik.

Persib Bandung kembali menerapkan ball possession. Namun kali ini beberapa tu suk - an ke jantung pertahanan lawan dilakukan. Akhirnya, tepat di menit ke- 12, Persib Bandung berhasil me - ngubah kedudukan menjadi 1-0 melalui sundulan Zulham Zam - run. Zulham berhasil meman - fa atkan peluang dengan baik, setelah sundulan Yandi yang gagal menembus gawang lan - tar an membentur tiang ga - wang.

Zulham yang berdiri be - bas saat bola menghampirinya langsung menyerobotnya hing - ga mengubah kedudukan men - jadi 1-0 untuk Persib. Tepat di menit 42, Persib Bandung berhasil meng gan - dakan keunggulan menjadi 2-0. Zulham berhasil me man faat - kan kelengahan salah satu bek Martapura.

Bermaksud me - ngejar bola ke daerah per ta - hanannya, namun Zulham yang berlari kencang berhasil me nyerobotnya hingga meng - ge tarkan kembali jala gawang Martapura. Skor 2-0 menutup laga pertama. Masuknya Firman akhirnya membuahkan hasil, tepat di me - nit 70 gawang Martapura kem - bali bergetar, setelah ten da - ngan keras Makan Konate dari luar kotak penalti usai me man - faatkan umpan Firman tidak bisa dibendung Fauzal Mu ba - rok.

Kedudukan berubah se - men tara 3-0 untuk Persib. Unggul tiga gol tak me nyu - rutkan daya serang Persib. Be - be rapa upaya menerobos per ta - hanan Martapura dilakukan, namun belum membuat ga - wang lawan kembali bergetar. Sedangkan Martapura masih kesulitan menerobos per ta han - an Persib.

Beberapa kali usa ha - nya kerap kandas dan tak mam - pu memberikan peluang ber - bahaya. Sial bagi Martapura, tepat di menit 81, Persib Ban - dung kem bali mengubah kedu - dukan men jadi 4-0. Gol kembali di cip ta kan Zulham Zamrun melalui sundulannya usai me - man faat kan umpan silang Tantan. Gol ter sebut sekaligus menutup per tandingan.

Muhammad ginanjar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4274 seconds (0.1#10.140)