Karawang Tuan Rumah Hari Buta Aksara Internasional

Jum'at, 11 September 2015 - 10:30 WIB
Karawang Tuan Rumah Hari Buta Aksara Internasional
Karawang Tuan Rumah Hari Buta Aksara Internasional
A A A
KARAWANG - Kabupaten Karawang terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Aksara Internasional (HAI) tahun 2015, 22- 24 Oktober nanti.

Terpilihnya Ka ra - wang karena dinilai oleh Ke - men terian Pendidikan dan Ke - bu dayaan proaktif dalam pem berantasan buta aksara. Direktur Pendidikan Ke ak - sa raan dan Kesetaraan, Erman Syam sudin mengatakan Kar a - wang memiliki kinerja yang baik dalam upaya mem be ran - tas buta huruf.

“Kami men ca - tat, tahun lalu, Karawang ber - hasil membebaskan 117 ribu orang dari buta huruf. Ini ada - lah prestasi. Kementerian ber - ha rap supaya daerah lain bisa ber buat seperti Karawang,” ujar Erman usai rapat per sia - pan peringatan HAI ke-50 di Ka rawang, kemarin.

Peringatan HAI ke-50 ren - cananya akan dil ak sa na kan di Lapangan Ka rang pa wi tan dan dibuka langsung oleh Gu - bernur Jawa Barat. Pada pun - cak acara, tanggal 24 Ok tober, Men teri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Bas we dan, dijadwalkan akan hadir. “”Di puncak peringatan, Men dik - bud akan mencanangkan ‘Ge - ra kan Masyarakat Mem ba ca’ di hadapan warga belajar Pas - ka Keaksaraan Dasar. Sel ain itu, Mendikbud juga akan men canangkan aplikasi Da po - dik PAUD dan Dikmas,” kata Er man.

Selain itu, akan hadir pula per wakilan UNESCO, Komisi X DPR RI, Eselon I dan II di ling - ku ngan Kemendikbud, Bupati dan Walikota se-Jawa Barat, Ke menterian/Lembaga ter ka - it, Kepala Dinas Pendidikan Pro vinsi se-Indonesia dan Kepala UPT PAUD dan Dikmas se-Indonesia. ”Kegiatan yang biasa kami lakukan di Jakarta akan kami bawa ke Karawang, sehingga diperkirakan 2 ribu orang akan hadir, kita sudah siap booking semua hotel di Karawang,” ujar Erman.

Hari Aksara Internasional (HAI) biasa diperingati setiap tanggal 8 September. Namun, Pada tahun 2015 ini, Ke men - dikbud menetapkan pe ringa - tan pada 22-24 Oktober 2015. “Se be narnya bisa saja di se - leng ga ra kan pada 8 Sep tem - ber, namun kami ter ken dala kesiapan tuan rumah,” kata Erman.

Beberapa acara yang akan mengisi rangkaian kegiatan peringatan HAI ke-50 ini adalah pameran HAI dan produk unggulan satuan pen - di dik an nonformal, pada 22- 25 Oktober. Selain itu, akan ada pula unjuk karya tulis war - ga belajar paska ke aksa ra an dasar oleh 50.000 orang warga belajar di Kabupaten Ka ra - wang. Masih dalam rangkaian acara, juga akan di ge lar work- shop peningkatan mu tu la yan - an TBM untuk pem ber dayaan ma syarakat.

Di rek to rat Pembinaan Pendidikan Ke s e taraan (Dit - bin diktara) de ngan lem - baga/ organisasi pe nye leng - gara program juga akan di - gelar. Kegiatan tersebut akan diikuti oleh 100 orang tutor kea ksaraan

Nila kusuma
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7430 seconds (0.1#10.140)