Kampanye di Medsos Diawasi Ketat

Kamis, 10 September 2015 - 12:04 WIB
Kampanye di Medsos Diawasi Ketat
Kampanye di Medsos Diawasi Ketat
A A A
KENDAL - Kampanye pasangan calon bupati-wakil bupati Kendal rawan pelanggaran utamanya dimedia sosial(medsos).

Karena itu, Panwaslu melakukan pengawasan ketat terhadap aktivitas kampanye kandidat di Twit ter, Facebook, maupun Instagram. Ketua Panwaslu Kendal Su - priyadi menyatakan aktivitas kampanye kandidat memang kerap melanggar aturan. Un - tuk itu, pihaknya memperketat pe ngawasan terhadap tim kampanye pasangan calon.

“Un tuk media sosial sudah ada aturan yang berlaku, yakni paslon atau tim sukses harus mendaftarkan akun yang akan di gu - nakan un tuk kampanye ke Ko - misi Pe mi lihan Umum (KPU) setempat,” ujarnya kemarin. Paslon maupun tim sukses yang melanggar aturan akan men dapatkan sanksi sesuai de - ngan tingkatan pelanggaran. “Ya, akan kami kaji dulu saat ada temuan pelanggaran. Yang jelas akun harus terdaftar di KPU,” tandas Supriyadi.

Aktivitas kampanye yang me langgar bukan hanya ber - dam pak terhadap sanksi dari penyelenggara pemilu, tapi juga dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. “Dikha watirkan akan terjadi salah pa ham dan menyulut konflik. Un tuk itu, kami harapkan kedua pasang kandidat saling menjaga demi kesuksesan Pilkada Ken dal,” ucapnya.

Sementara itu, di Purwo rejo, dari tiga kandidat yang di tetap - kan sebagai peserta pilkada, ha - nya dua pasangan yang memilih menggunakan medsos untuk kampanye. Kedua nya adalah pa sangan Hamdan Azhari-Su - har dan Agus Bas tian-Yuli Has - tuti.

Sementara duet Nurul Tri - wahyuni-Budi Sunaryo enggan memanfaatkan medsos untuk sosialisasi pencalonan. “Yang mendaftarkan akun medsos hanya dua pasangan calon. Kami sudah berulang kali memberi kesempatan kepada calon lain namun tidak direspons,” ujar Komisioner KPU Purworejo Divisi Hukum, Pencalonan dan Kampanye, Purnomosidhi kemarin.

Ketua Tim Pemenangan Pa - sangan Nurul Triwahyuni-Budi Sunaryo, Andi Suyono yang dikonfirmasi mengaku sudah mengomunikasikan untuk me - lakukan kampanye di medsos. “Saya malah tidak sedetail itu tentangtatacara kampanye me - lalui medsos. Ya sudah kalau memang tidak ada, mau bagaimana lagi,” katanya kemarin.

Wikha setiawan/ Hery priyantono
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3673 seconds (0.1#10.140)