Habiskan Modal Rp9 Juta

Rabu, 09 September 2015 - 09:59 WIB
Habiskan Modal Rp9 Juta
Habiskan Modal Rp9 Juta
A A A
PALEMBANG - Dengan bermodalkan Rp9 juta saja, lima mahasiswa Unsri Semester 9 berhasil menyempurnakan mobil energi listrik ramah lingkungan generasi ketiga, kemarin.

Kelima mahasiswa itu masingmasing yakni Fadil Sahab, 22, Nurhamzah, 22, Diandra Eka Putra, 22, M Solihul Fadli, 22, Ah mad Agung Purnomo, 21. Kelimanya merupakan ma ha - sis wa s emester akhir Fakultas Tek nik Elektro yang sedang me - nye lesaikan skripsi dengan bim bingan dari Bengkel Elek - trik XSYS Microino di kawasan Ja lan Mayor Santoso.

Pengerjaan mobil tersebut dapat memakan waktu hingga 2 bulan, dengan kondisi 60%. Saat ini mobil itu hampir ram pung dan sudah bisa dijalankan. Mobil dengan berat mencapai 300 kg tersebut, lebih ringan dari mobil listrik sebelumnya, dengan mengunakan bahan ri ngan alumunium serta mesin de ngan arus DC. mobil tersebut mam pu hidup dan mengisi daya sen diri tanpa harus di cas ke lis trik lagi.

Fadhil, salah satu ma-ha sis - wa Unsri, sebagai ketua ke lom - pok, mengatakan saat ini diri - nya dan empat temannya yang lain sudah hampir menyelesaikan mobil listrik generasi ketiga ter sebut, yang sebelumnya di - buat oleh mahasiswa yang ter - dahulu. ” Mobil yang kami buat ini ada lah mobil generasi ketiga da - ri mobil sebelumnya yang di - buat oleh kakak tingkat ka mi,” ujarnya ketika dibincangi di bengkel tersebut.

Dia berharap, dengan ada - nya hasil karya ini pihak pe me - rintah dapat mengapresiasi kar ya tersebut, dan ia juga ber - ha rap setelah diselesaikannya mo bil tersebut mereka dapat mengikuti lomba nasional di pulau Jawa tahun depan. ” Semoga dengan karya ini pe merintah dapat meng apre - sia si, dan kami juga ingin ikut - kan mobil ini di lomba nasional ta hun depan,” kata dia.

Sementara itu, Hamzah anggo ta kelompok lainnya me - nyamp aikan, jika pembuatan mobil generasi ketiga tersebut, awalnya dilakukan pembuatan sasis lebih ringan dari mobil generasi sebelumnya. ” Kita membuat sasis mobil tersebut dari alumunium, agar lebih ringan, kalau sebelumnya mereka memakai bahan dari besi,” ungkapnya

Mobil itu juga meng gu - nakan mesin genera tor serta aki basah dan rantai untuk meng - gerakkan roda mobil. ” Kita pakai arus DC, dan lima buah aki ba sah, serta generator Bedini. Ka lau ban pakai empat Ro da Ban dan Velg motor Mio. Se - moga mobil ini cepat rampung,” pungkasnya.

Bubun kurniadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4992 seconds (0.1#10.140)