Kasus ISPA di Pontianak Meningkat

Selasa, 08 September 2015 - 23:30 WIB
Kasus ISPA di Pontianak Meningkat
Kasus ISPA di Pontianak Meningkat
A A A
PONTIANAK - Kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, meningkat dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini menyusul semakin pekatnya kabut asap yang melandakota tersebut. Bahkan, kualitas udara di Kota Pontianak secara umum hingga saat ini masih dalam kategori tidak sehat.

Menurut Titin Herdiana, kepala Puskesmas Purnama, Kecamatan Pontianak Selatan, Selasa (8/9/2015), mereka yang terkena penyakit ISPA adalah usia dewasa dan sebagian kecil adalah balita. Mereka umumnya mengalami radang saluran pernapasan dan batuk-batuk.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Andi Jap mengatakan, akibat kabut asap, ada peningkatan penderita ISPA sebanyak dua kali lipat. Saat ini, Dinas Kesehatan masih melihat kadar Indeks Standar Percemaran Udara atau ISPU. Jika semakin memburuk, ISPU sampai 200, Dinas Kesehatan akan mengambul langkah selanjutnya.

Dari data yang berhasil dihimpun, hingga pekan ke-35 sudah sekitar 1.219 masyarakat yang mengalami penyakit ISPA berobat ke puskesmas-puskesmas di Kota Pontianak.

PILIHAN:
Anak Minta Motor, Penjual Sayur Pilih Akhiri Hidup
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4649 seconds (0.1#10.140)