Anak Ajak Ayah Mencuri Sekarung Buah Salak

Selasa, 08 September 2015 - 01:16 WIB
Anak Ajak Ayah Mencuri Sekarung Buah Salak
Anak Ajak Ayah Mencuri Sekarung Buah Salak
A A A
SLEMAN - Seorang remaja nekat mencuri sekarung buah salak pondoh dan menjualnya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari. Ironisnya, sang ayah yang diajak mencuri mau melakukan aksi pencurian itu.

Kapolsek Turi AKP Sumalogi mengatakan, pelaku utama pencurian itu adalah NA (16), remaja asal Dusun Selobonggo, Bangunkerto, Turi. Sedang ayahnya Riswanto (52), hanya diajak sang anak.

"Setelah beberapa kali terjadi kasus pencurian, warga melihat kedua pelaku menjual salak, tetapi tak seperti penjual salak kebanyakan," kata Sumalogi, kepada wartawan, Senin (7/9/2015).

Warga yang curiga kemudian melapor kepada polisi. Dalam laporannya, warga curiga dengan kedua pelaku, karena sebelumnya aksi pencurian salak marak terjadi di kampung mereka.

"Saat kami datang ke lokasi, keduanya sudah diburu warga. Ada yang sempat dimassa juga," ungkapnya.

Dari tangan para tersangka, petugas mengamankan satu karung salak dengan berat 25 kilogram, satu unit motor Honda Scoopy AB 2028 NF yang sempat dirusak warga, dan sebilah pisau yang digunakan untuk mencuri salak sebagai barang bukti.

"Saat pemeriksaan, pelaku mengaku bahwa bahwa aksi pencurian salak sudah dilakukan tiga kali. Adapun pencurian itu atas inisiatif NA, kemudian dia mengajak ayahnya," tambahnya.

Dia melanjutkan, sebenarnya sang ayah baik. Sehari-hari, dia bekerja sebagai kuli bangunan. Namun karena diajak anaknya, dia mau saja. Atas pebuatannya, kedua pelaku akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9507 seconds (0.1#10.140)