Kabut Asap, Nelayan di Padang Takut Melaut

Jum'at, 04 September 2015 - 10:13 WIB
Kabut Asap, Nelayan di Padang Takut Melaut
Kabut Asap, Nelayan di Padang Takut Melaut
A A A
PADANG - Tebalnya kabut asap yang menyelimuti Kota Padang, Sumatera Barat, juga berdampak terhadap nelayan. Mereka takut melaut karena jarak pandang di laut hanya berkisar 20 meter.

Karena jarak pandang hanya 20 meter, tidak tampak lagi garis pantai dan kapal kapal tongkang para nelayan di laut.

Di Pantai Purus Kecamatan Padang Barat, sebagian besar nelayan di kawasan ini tak berani melaut karena jarak pandang yang terlalu pendek yang sangat membahayakan nyawa para nelayan jika melaut.

Namun, sebagian nelayan terpaksa nekat untuk melaut dengan cara meraba-raba dan menggunakan felleeng mengarahkan perahu mereka dan berharap tidak nyasar di laut. Hal ini disebabkan desakan ekonomi.

"Peristiwa ini pun sudah berlangsung selama 10 hari belakangan ini," kata Nudirman, nelayan, Jumat (4/9/2015).

Walaupun kabut asap sudah semakin tebal, sampai saat ini pemerintah kota maupun pemerintah daerah belum mengambil tindakan apa-apa. Hanya sejumlah komunitas sosial dan pemerhati lingkungan yang peduli dan turun ke jalan guna membagikan masker kepada para pengendara.

Akbar dari Komunitas Sosial Asap mengatakan, gerak cepat pemerintah dalam mengantisipasi dampak kabut asap ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, agar dampak kabut asap ini tidak menimbulkan korban.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6192 seconds (0.1#10.140)