BBKSDA Sita Dua Burung Merak Milik Yayasan Wapres JK

Senin, 31 Agustus 2015 - 21:21 WIB
BBKSDA Sita Dua Burung Merak Milik Yayasan Wapres JK
BBKSDA Sita Dua Burung Merak Milik Yayasan Wapres JK
A A A
MAKASSAR - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Sulsel menyita dua ekor satwa langka Burung Merak Hijau milik Yayasan Athira Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Kota Makassar, Sulsel.

Penyitaan ini dilakukan pada Senin siang waktu setempat di Perumahan Bukit Baruga Antang, Makassar, Sulsel guna menghindari populasi burung yang dilindungi ini dari kepunahan.

“Mengingat di wilayah asalnya di Pulau Jawa dan Ujung Kulon kedua jenis satwa langka ini hanya tersisa kurang dari 800 ekor dan sudah nyaris mengalami kepunahan, “ kata Kasi Perlindungan Pengawetan dan Pemetaan BBKSDA Provinsi Sulsel Yusry, Senin (31/8/2015).

Pihak Yayasan Athira, Edi Sutarto mengungkapkan, dua ekor satwa langka dan dilindungi ini dia peroleh dari salah satu orang tua murid yang belajar di yayasan milik Wapres JK.

Kemudian hewan ini, kata Edi, dipelihara di yayasan dengan dalih untuk dijadikan sebagai wahana edukusi oleh sejumlah siswa yang ada

Sementara itu berdasarkan pengamatan ditengah penyitaan ini sendiri kondisi satwa-satwa langka yang dikenal dengan bahasa latin pavo muticus ini cukup memprihatinkan. Karena satu diantara satwa langka ini dengan kondisi cacat di bagian kaki.

Setelah penyitaan ini dilakukannya ke depannya dinas terkait akan melapas satwa-satwa langka ini ke habitat aslinya setelah sebelumnya menjalani sejumlah rangkaian proses. Salah satunya dengan penyehatan kondisi fisik kedua satwa langka yang dilindungi ini.

Sekedar diinfromasikan untuk pemeliharaan satwa yang dilindungi ini pemerintah tidak pernah mengeluarkan izin resmi pemeliharaan satwa langka.

Kendati dengan dalih apa pun dan izin pemeliharaan hanya diberikan bagi lembaga konservasi. Untuk menjaga satwa langka yang dilindungi tersebut terjaga dari kepunahan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5000 seconds (0.1#10.140)