KMP Dua Putri Terbakar di Pelabuhan Bajoe

Selasa, 25 Agustus 2015 - 16:17 WIB
KMP Dua Putri Terbakar di Pelabuhan Bajoe
KMP Dua Putri Terbakar di Pelabuhan Bajoe
A A A
WATAMPONE - KMP Dua Putri kapal kayu pengangkut barang yang sedang bersandar di bibir Pelabuhan Bajoe, nyaris habis dilalap api karena terbakar sekira pukul 13.00 Wita, Selasa (25/8/2015).

Enam unit armada pemadam kebakaran segera diterjunkan untuk memadamkan api, hanya saja luapan api terlanjur membesar ditambah sempitnya palka kapal tersebut menyulitkan pemadam untuk menghentikan kobaran api.

ABK dan petugas pemadam terpaksa menenggelamkan kapal dengan cara melubangi dinding kapal dengan menggunakan mesin pemotong kayu.

Pada saat musibah kebakaran terjadi, kapal dalam keadaan kosong karena belum diisi barang atau angkutan lainnya dan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian yang diderita pemilik kapal ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kanit Intel Polsek Pelabuhan Bajoe, Aiptu Muhammad Nur mengatakan, dugaan awal penyebab kebakaran karena terjadi hubungan arus pendek di bagian mesin kapal yang terdapat di dalam kapal. Hanya saja itu masih dugaan awal dan masih dilakukan penyelidikan lebih mendalam.

"Terjadi secara cepat, dugaannya korsleting listrik di mesin tapi masih akan dilakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pastinya," tukas Muhammad Nur.

Salah seorang perwira jaga Syahbandar atau Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan (KUPP) Bajoe, Sorindra, mengatakan, kapal nahas sudah empat hari berada di Pelabuhan Bajoe setelah membongkar muatannya dari Maluku.

Dia juga mengatakan, insiden kebakaran tersebut murni kecelakaan. Saat kejadian, pemiliknya dan dua orang ABK sedang berada di dalam kapal.

"Kapal ini belum ada jadwal untuk pemberangkatan dari Pelabuhan Bajoe, ABKnya rencananya datang ke pelabuhan untuk mengecek jadwal berlayarnya," pungkas Sorindra.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5008 seconds (0.1#10.140)