MedcoEnergi Kirim Perdana Kondensat Lapangan Gas Senoro

Kamis, 20 Agustus 2015 - 09:10 WIB
MedcoEnergi Kirim Perdana Kondensat Lapangan Gas Senoro
MedcoEnergi Kirim Perdana Kondensat Lapangan Gas Senoro
A A A
PALEMBANG - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) melalui Joint Operating Body Pertamina - Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB-PMTS) melakukan penga palan perdana kondensat dari Fasilitas Produksi Senoro Gas Hulu.

Kargo kondensat dijual dengan skema free on board (FOB) de livery point dimana pembeli akan menanggung biaya peng iri man kondensatnya. Pengapalan perdana ini merupakan bagian Med coEnergi sebagai salah satu pemegang saham JOB-PMTS, sedangkan pengapalan selanjutnya akan menjadi bagian Pertamina Hulu Energi (PHE) dan Pemerintah.

Kapal tanker yang membawa 210.000 barel kondensat bernama Nord Snow Queen ini, memulai proses loading sejak 16 Agustus 2015 sekitar pukul 17.00 WIB, lalu me ninggalkan Senoro Marine Ter minal sekitar pukul 02.00 WIB pada tanggal 18 Agustus 2015. Presiden Direktur & CEO MedcoEnergi Lukman Mah foedz mengatakan, penga palan perdana ini menandai pencapaian penting dalam stra tegi pengembangan Perseroan.

Pengapalan ini juga me rupakan bukti kesuksesan Perseroan dalam menyelesaikan tahap akhir dari aspek komersial pen ting dalam proyek ini. “Oleh karena itu, kami berharap Pemerintah dapat memberikan kesempatan yang lebih besar ke depannya bagi perusahaan nasional untuk terus berkiprah mengembangkan energi di Indonesia,” ujarnya dalam rilis yang diterima KORAN SINDO PALEMBANG.

Tentang JOB-PMTS Fasilitas Produksi Senoro Upstream Gas dioperasikan oleh Joint Operating Body Pertamina - Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB-PMTS) dimana peme gang sahamnya terdiri Med coEnergi (30%), PT Pertamina (50%), dan Tomori E&P Ltd (20%). Proyek ini dirintis oleh MedcoEnergi setelah men da pat kan blok JOB Se noro Tomori pada tahun 2000.

Hingga tahun 2005, Med coEnergi berusaha meng em bangkan lapangan gas ini yang memiliki cadangan gas sebesar 1.9 TCF namun lokasinya cukup remote, jauh dari jaringan infrastruktur gas dan pasar gas. Total investasi Senoro Ups tream sebesar USD1,2 miliar.

Fasilitas Produksi Senoro Upstream Gas memiliki dua train fasilitas produksi yang mampu menghasilkan pro duksi hingga 310 MMS - CFD dan kondensat sejum lah 8.500 barel per hari (bph).

Iwan setiawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4221 seconds (0.1#10.140)