Bandung Tak Ramah terhadap Perempuan dan Anak

Selasa, 18 Agustus 2015 - 16:15 WIB
Bandung Tak Ramah terhadap Perempuan dan Anak
Bandung Tak Ramah terhadap Perempuan dan Anak
A A A
BANDUNG - Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat Netty Prasetiyani mengatakan, kawasan Bandung Raya tidak ramah terhadap perempuan dan anak.

Daerah tersebut, katanya, kerap terjadi kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak. Wilayah paling rawan berada di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

"Itu paling tinggi (jumlah kasusnya) di daerah-daerah itu," kata Netty, kepada wartawan, di Bandung, Selasa (18/8/2015).

Tapi, secara jumlah rinci, menurutnya angkanya perlu dikonfirmasi ke berbagai pihak terkait. Yang jelas, berdasarkan catatan P2TP2A, tiga daerah itu jadi 'juara'.

Meski begitu, bukan berarti daerah lain rendah jumlah kasusnya. Banyaknya jumlah kasus dari kawasan Bandung Raya yang dilaporkan ke P2TP2A Jawa Barat disinyalir karena kantornya berada di Kota Bandung yang wilayahnya cukup dekat dengan tiga daerah itu.

"Yang lain juga banyak (tapi banyak yang tidak dilaporkan ke P2TP2A Jawa Barat). Cuma terkait laporan, itu karena jarak mereka lebih dekat lapor ke kami. Tapi kalau misalnya P2TP2A Jawa Barat ada di Ciamis, mungkin banyak juga dari Ciamis yang lapor ke kami," jelas Netty.

Kasus kekerasan tersebut menurutnya terjadi karena adanya ketimpangan relasi kuasa. Sehingga, orang yang dianggap lebih berkuasa, seperti orangtua, guru, suami, dan bos di tempat kerja, melakukan kekerasan terhadap anak dan perempuan.

"Kalau (ketimpangan relasi kuasa) itu terjadi, berikutnya akan terjadi kejahatan tersembunyi. Anak misalnya, dia tidak akan berani (mengungkap), apalagi kalau diancam," ucapnya.

Dia mencontohkan, ada salah satu kasus kekerasan yang dilakukan oleh guru terhadap siswinya sejak Kelas 3 SMP hingga Kelas 3 SMA. Sang anak tak berani mengungkap atau melaporkannya pada orangtua dan kepolisian.

"Itu jadi satu contoh bahwa kejahatan dan kekerasan seksual yang tersembunyi, dan benar-benar harus diperangi. Ini yang ingin saya sosialisasikan, hiden crime itu mengerikan," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1083 seconds (0.1#10.140)
pixels