Pemkab Lepas 70 Pasang Merpati

Sabtu, 15 Agustus 2015 - 10:51 WIB
Pemkab Lepas 70 Pasang Merpati
Pemkab Lepas 70 Pasang Merpati
A A A
KULONPROGO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo akan melepas 70 pasang merpati pada rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI ke- 70.

Merpati ini akan dilepasliarkan agar bisa membentuk habitat di seputaran Alun-alun Wates. Dua buah pagupon (rumah burung) telah dibangun. “Akan kami lepas 70 pasang atau 140 ekor Merpati, yang akan ditempatkan di dua pagupon,” kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Suharjaka, kemarin.

Pelepasan merpati ini merupakan salah satu upaya untuk menata dan memperindah Kota Wates. Sebelumnya sudah ada beberapa merpati yang dilepas dan dikandangkan di seputaran alun-alun. Namun banyak yang berkurang entah hilang atau ditangkap masyarakat. “Kami juga akan tanaman pohon-pohon agar menambah keanekaragaman hayati dan lebih hijau,” katanya.

Pemerintah, kata dia, juga melakukan penataan fisik dengan melakukan pembangunan dengan berwawasan lingkungan. Pedagang kaki lima juga ditata untuk berdagang di sisi selatan.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menandaskan, keberadaan merpati- merpati di kawasan alunalun akan memberi daya tarik tersendiri bagi kawasan tersebut.

Bahkan, dirinya menargetkan 1.000 ekor burung merpati dapat dilepas di alunalun. “Kalau sudah ada ribuan merpati nantinya Kota Wates bisa seperti kota-kota di Eropa,” tandasnya.

Kuntadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4665 seconds (0.1#10.140)