PD Kebersihan Pasang Ratusan Tempat Sampah

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 10:13 WIB
PD Kebersihan Pasang Ratusan Tempat Sampah
PD Kebersihan Pasang Ratusan Tempat Sampah
A A A
BANDUNG - Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung memasang ratusan tempat sampah di sepanjang Jalan Ci baduyut, Andir, dan Jamika.

Pa masangan itu dilakukan karena ketiga ruas jalan tersebut merupakan salah satu titik pantau penilaian Piala Adpura. “Jadi kami pasang (tempat sampah) setiap 30 meter di sisi kanan dan kiri jalan,” ucap Di rektur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana saat ditemui di Balai Kota Bandung kemarin. Untuk diketahui, saat ini Pemerintah Kota Bandung tengah berupaya meraih Piala Adipura.

Sudah hampir 17 tahun kota ber penduduk sebanyak 2,7 juta jiwa tidak perah meraih Piala Adi pura dari Kementerian Ling kungan Hidup. Sejumlah perbaikan dilakukan Pemkot demi meraih penghargaan di bidang lingkugan. Kebersihan pasar dan pemukiman warga yang kerap menjadi nahan penilaian dibenahi dengan sedemikian rupa. Jalan-jalan protokol pun mendapat perhatian agar kebersihannya dapat terjaga.

“Terus kemarin, (Rabu 5/8), ka mi dengan Kota Cimahi melakukan sejumlah perbaikan TPA Sa rimukti. Tadi (kemarin) saya dapat laporan TPA Sarimukti sudah terlihat lebih baik. Permukimannya sudah dicat dan di pasangi pagar,” ujarnya. Untuk pemasangan tempat sampah telah dilakukan mulai Rabu (5/8).

Kapasitas atau ukuran tempat sampah yang kini dipasang lebih besar dari tempat sampah kodok yang hanya mampu menampung sampah sebanyak 3-4 kilogram. “Yang sekarang ini kami pasang sebenarnya model lama. Tapi ukurannya relatif lebih besar dibanding yang tempat sampah kodok,” ujarnya. Deni berharap, setelah terpasang seluruhnya, warga da pat ikut menjaga keberadaan tempat sampah ini.

Karena ber dasarkan hasil penelitian tempat sampah yang biasanya dipasang PD Kebersihan usianya relatif tidak lama. Karena ada banyak oknum warga yang sengaja merusak tempat-tempat sampah. “Jadi kami harap warga juga dapat ikut menjaga. Kami akan bekerjasama dengan kewilayahan dan Sapol PP untuk memantau dan menindak jika di temukan warga yang merusak tempat sampah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan, masih banyak yang perlu diperbaiki agar Kota Bandung tahun ini meraih Piala Adipura. Salah satunya kondisi lingkungan. “Karena banyak yang jadi bahan penilaian.

Indikatornya ada tempat sampah organik dan anorganik di sekolah, jalan, dan gedung perkantoran, fisik kota ju ga dinilai, terminal, kebersihan pasar juga jadi bahan penilaian,” ucapnya. Namun dia berharap dengan semangat kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat sangat diharapkan tahun ini Kota Bandung dapat meraih Piala Adipura yang sudah sangat di dambakan. “Kami perlu meningkatkan kualitas fisik lingkungan,” tandasnya.

Mochamad solehudin
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5454 seconds (0.1#10.140)