Jamaah Medan dan Labuhanbatu Terpilih Kloter I

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 09:58 WIB
Jamaah Medan dan Labuhanbatu Terpilih Kloter I
Jamaah Medan dan Labuhanbatu Terpilih Kloter I
A A A
MEDAN - Hasil Qurah (kelompok terbang) Kloter embarkasi Medan, kemarin, memutuskan jamaah asal Kota Medan dan Labuhan Batu masuk ke dalam kloter I. Rencananya akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Jumat (21/8) mendatang.

Diketahui, Qurah Kloter rutin digelar setiap tahun untuk menentukan kelompok yang berhak masuk ke kloter 1 hingga 17. Sebelum Qurah Kloter dilakukan, Kementerian Agama (Kemenag) Sumut telah mengelompokkan seluruh calon haji (calhaj) asal Sumut atau disebut juga dengan embarkasi Medan berdasarkan kabupaten/ kota.

Qurah kemarin melibatkan Sekretaris Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hasan Fauzi; Sekda Sumut, Hasban Ritonga; Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumut, Tohar Bayoangin, dan undangan lainnya. Sekretaris Dirjen PHU Kemenag, Hasan Fauzi, mengungkapkan, pemerintah akan memberangkatkan 157.075 jamaah haji Indonesia dan akan diberangkatkan secara nasional mulai 21 Agustus hingga 17 September mendatang.

Sementara pemulangannya mulai 28 September hingga 25 Oktober 2015. “Semoga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini bisa lebih baik dan mengantarkan para jamaah menjadi haji yang mabrur,” paparnya. Sekda Sumut, Hasban Ritonga, mewakili Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho, mengungkapkan, panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) memiliki peran penting dalam menyukseskan pelaksanaan ibadah haji.

Hasban mengharapkan agar PPIH embarkasi Medan dapat meningkatkan koordinasi dan dapat memainkan perannya secara maksimal. Khususnya dalam meningkatkan pelayanan dan pembinaan kepada jamaah. “Kerja sama dan koordinasi perlu ditingkatkan terutama dengan sesama anggota PPIH.

Kemudian dengan Pemprov Sumatera Utara, pemkab dan pemkot se-Sumatera Utara maupun dengan mitra lainnya seperti petugas haji yang tergabung dalam tim pusat, tim daerah, tim kesehatan, dan para pembimbing ibadah haji,” ungkapnya. Untuk itu, petugas PPIH harus fokus memberikan perhatian, pemikiran dan kerja keras dalam melayani jamaah haji.

“Jadikan semua pelayanan sebagai ibadah kepada Allah SWT dan niat dengan ikhlas agar pengabdian PPIH Embarkasi Medan lebih bermakna. Apalagi yang dilayani adalah tamu-tamu Allah SWT,” ucapnya. Hal senada diungkapkan Kepala Kanwil Kemenag Sumut, Tohar Bayoangin.

Tohar mengharapkan pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar. “Selamat datang kepada para tamu Allah, dan saya berharap pelaksanaan ibadah haji tahun berjalan lancar,” ujarnya.

Dicky irawan
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3444 seconds (0.1#10.140)