50 Tukik Dilepasliarkan Anak-Anak Panti

Minggu, 02 Agustus 2015 - 11:46 WIB
50 Tukik Dilepasliarkan Anak-Anak Panti
50 Tukik Dilepasliarkan Anak-Anak Panti
A A A
BANTUL - Sebanyak 50 ekor tukik dilepasliarkan anak-anak Panti Asuhan Muhammadiyah Prambanan, Sleman, beserta beberapa wisatawan di Pantai Pelangi, Bantul, kemarin.

Dalam agenda tersebut, mereka pun mendapatkan edukasi mengenai pentingnya menjaga ekosistem alam oleh para relawan penyelamat penyu Bantul. Salah satu peserta, yang juga dari panti asuhan, Cahyawati, 20, mengatakan, baru kali ini dirinya mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan, sebelum ada ajakan mengikuti acara, dia mengaku belum tahu apa itu tukik. “Baru tahu, kalau tukik itu anak penyu,” kata perempuan asal Purbalingga tersebut.

Dengan mengikuti kegiatan ini, dia pun mengaku cukup mendapat banyak pengalaman. Belajar bersama-sama untuk tetap menjaga satwa tersebut. “Tadi sebenarnya saya ikut pegang-pegang juga, tidak tahu sebelumnya kalau nanti bisa mati jika dipegang langsung yang kecil,” tuturnya. Dia pun berharap, untuk ke depannya, khususnya generasi muda, bisa lebih peduli terhadap alam sekitarnya. Terutama penyu, yang tak jarang masih menjadi sasaran buruan oleh masyarakat pesisir, baik untuk dikonsumsi maupun dijual.

Ketua Komunitas Relawan Penyelamat Penyu Bantul Ferry Munandar mengatakan, agenda melepasliarkan tukik di Pantai Pelangi ini memang belum terlalu baik prosesnya dibandingkan ketika di Pantai Gua Cemara. “Kalau di Pantai Gua Cemara memang saya membuatnya lebih ketat. Tapi kalau di sini masih cukup sulit.

” Dia mengaku masih terkenda adanya tempat yang memadai saja. Semisal pendopo untuk mengumpulkan terlebih dahulu para pesertanya agar lebih mudah diberikan edukasi penyelamatan satwa. Selain itu, tempat konservasinya yaitu sarang telur yang belum menetas serta wadah untuk tukik.

Dengan belum begitu luasnya, para peserta yang belum sempat diedukasi pun banyak yang langsung masuk ke tempat konservasi. Mereka memegang-megang tukik, yang bisa berakibat fatal jika tak hati-hati.

Ridho hidayat
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9060 seconds (0.1#10.140)