Tahun Depan Tambah 20 Halte

Minggu, 02 Agustus 2015 - 09:55 WIB
Tahun Depan Tambah 20...
Tahun Depan Tambah 20 Halte
A A A
BANDUNG - Jumlah halte sepeda sewa di Kota Bandung dipastikan bakal bertambah. Rencananya ada 20 halte sepeda yang akan dibangun untuk me ningkatkan program Bike Sha ring.

Wali Kota Bandung Ridwan Ka mil mengatakan, 20 halte sepeda sewa itu merupakan sum bangan dari PT Pertamina sebagai realisasi coorporate social responsibility (CSR). “Kami sudah komitmen, Pertamina akan bantu program Bike Sharing di Kota Bandung, insyaallah tahun depan. Rencananya mungkin ada sekitar 20 halte yang dibangun.

Sa tu haltenya nanti ada sekitar 15 sepeda,”ujar Ridwan kepada wartawan seusai mengisi acara di Padma Hotel, Jalan Ran cabentang kemarin. Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan, nanti prog ram Bike Sharing akan berbeda dengan yang telah berjalan saat ini. Perbedaan terletak dari sistem teknologi yang di gunakan.

Nantinya warga menyewa sepeda tidak lagi manual, tetapi menggunakan kartu khusus. Teknologi seperti sudahbanyak diterapkan di luarnegeri. “Sistemnya beda dengan yang sekarang lebih canggih lagi. Nanti sepedanya canggih, pake teknologi untuk registernya,” katanya.

Emil menambahkan, Bike Sha ring menjadi salah satu bagian solusi untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung. Di harapkan warga dan wisatawan yang ingin berkeliling Kota Bandung untuk jarak dekat mau menggunakan sepeda yang disediakan tersebut. “Keberadaan Bike Sharing ini bisa men jadi salah satu solusi masalah transportasi di Kota Bandung,”katanya.

Berdasarkan catatan, saat ini ada 12 halte sepeda sewa di Kota bandung. Semuanya merupakan sumbangan dari alumni Institut Teknologi Bandung. Untuk saat ini baru berdiri di dua kawasan yakni Dago dan Buah batu. Untuk kawasan Dago di antaranya berada di Jalan Ci kapayang, Ganeca, dan Jalan Babakan Siliwangi.

Sementara di kawasan Buah batu di antaranya di area kampus ISBI dan perempatan Jalan Buah batu Pelajar Pejuang ‘45. Program Bike Sharing sendiri telah diluncurkan Pemkot Bandung pada 2012. Program ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia.

Dian rosadi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)