Lupa Matikan Tungku, Dapur Habis Terbakar

Jum'at, 31 Juli 2015 - 09:03 WIB
Lupa Matikan Tungku, Dapur Habis Terbakar
Lupa Matikan Tungku, Dapur Habis Terbakar
A A A
GUNUNGKIDUL - Warga Dusun Praon, Desa Pulutan, Wonosari dibikin gempar dengan kobaran api yang menghabiskan dapur milik Sukijem, 80, pada Rabu (29/7) malam. Beruntung, api bisa dipadamkan tim pemadam kebakaran Pemkab Gunungkidul setelah mengerahkan dua unit mobil damkar.

Diduga kuat nenek tersebut lupa mematikan tungku api yang digunakan memasak saat petang hari. Malam harinya, api tiba-tiba membesar dan menghabiskan semua atap bangunan rumah adat Jawa tersebut.

Menurut penuturan Subardi, awalnya dia kaget melihat kobaran api dari dapur milik ibunya tersebut. Diapunlangsungmenuju dapur dan berteriak begitu melihat api terus membesar serta menghabiskan atap rumah tersebut. ”Saya langsung minta tolong para tetanggadanberusahadengan alat seadanya,” tuturnya kepada wartawan, kemarin.

Upaya untuk memadamkan api pun tidak membuahkan hasil sehingga mereka berinisiatif untuk menelepon pemadam kebakaran. Selang beberapa saat, dua unit mobil damkar tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman. “Api akhirnya berhasil padam. Namun, atap rumah ibu saya sudah habis dilalap api,” ucapnya.

Diakuinya, dirinya tidak menduga dapur ibunya terbakar. Malam itu, dia hanya mengira ibunya membakar sampah di dekat dapur. “Namun ternyata dapur yang terbakar, saya sempat takut kalau adik saya ada di dapur. Namun ternyata dia pergi,” katanya. Dia menduga, ibunya lupa mematikan tungku usai memasak. “Maklum ibu saya sering lupa,” ucapnya.

Sementara, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Sutaryono mengaku sudah mendatangi lokasi dan memberikan bantuan makanan untuk keluarga korban. Dia berharap, warga masyarakat berhati-hati saat menyalakan api di musim kemarau.

Sampah-sampah juga semestinya dibuang di tempat pembuangan sampah dan tidak dibakar di dekat rumah. “Angin cukup kencang dan berbahaya apabila membakar sampah dekat pemukiman,” tandasnya.

Suharjono
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6060 seconds (0.1#10.140)