Pangdam I BB Jadi Pangkostrad

Selasa, 28 Juli 2015 - 10:29 WIB
Pangdam I BB Jadi Pangkostrad
Pangdam I BB Jadi Pangkostrad
A A A
MEDAN - Karier Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Edy Rahmayadi benar-benar cemerlang. Baru tujuh bulan menjabat Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I Bukit Barisan (BB), dia langsung dipromosikan menjadi Panglima Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad).

Jenderal bintang dua TNI yang merupakan anak Medan ini diangkat menjadi Pangdam I BB pada 19Januari2015laluberdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/ 42/I/ 2015. Bagi perwira tinggi (pati) TNI yang berpengalaman dalam bidang Infanteri tersebut, bertugas di Kostrad bukan hal baru.

Sebelumnya pria kelahiran 10 Maret 1961 ini sudah menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdiv) 1/Kostrad. Jabatan Pangkostrad ditempati jenderal penggemar sepak bola itu menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang dipercaya Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Kemarin, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo juga memutasi besar-besaran terhadap beberapa jabatan strategis di lingkungan TNI di antaranya, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Pangdam Jaya, Danjen Kopassus, Pangkostrad, Kepala Badan Intelijen Strategis TNI, dan Komandan Kodiklat TNI.

Pergantian jabatan itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/593/VII/2015 tanggal 25 Juli 2015, tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Mayjen TNI Doni Munardo dari Danjen Kopassus menjadi Pangdam XVI/Patimura dan akan digantikan Brigjen TNI Muhammad Herindra yang sebelumnya menjabat Kasdam III/Siliwangi.

Mutasi jabatan juga dilakukan terhadap puluhan pati TNI AD lainnya, seperti Mayjen TNI Yayat Sudrajat dari Aspam Kasad menjadi Kabais TNI, Mayjen TNI Mochamad Fuad Basya dari Kapuspen TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), dan Mayjen TNI Endang Sodik dari Pa Sahli Tk III Bidang Banusia Panglima TNI menjadi Kapuspen TNI.

Selain itu, Brigjen TNI Deliaman Th Damanik dari Staf Khusus KSAD menjadi Kadislitbangad, Brigjen TNI Rukman Ahmad dari Kasdam VII/ Wrb menjadi Staf Khusus KSAD, Brigjen TNI Kurnia Dewantara dari Waaspers KSAD menjadi Kasdam VII/Wrb, Brigjen TNI Ibnu Darmawan dari Irum Itjenad menjadi Aspam Kasad, Brigjen TNI Edy Nasution dari Ir Kodiklat TNI menjadi Irum Itjenad, serta Kolonel Inf Herianto Syahputra dari Danrem 132/Tdl (Palu) Kodam VII/Wrb menjadi Danpusintelad.

Kadispenum Puspen TNI Kolonel Czi Berlin G mengatakan, pemutasian itu dalam pembinaan organisasi guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang sangat dinamis dan semakin berat ke depan. SementaraKepalaPenerangan Kodam (Kapendam) I BB Kolonel Inf Enoh Solehuddin mengatakan, Pangdam I BB sudah mengetahui informasi tersebut, namun belum menerima suratnya.

“Sampai sekarang masih aktif menjabat sebagai Pangdam I BB. Hari ini (kemarin) banyak jadwal, Pak Pangdam ada kunjungan kerja ke Kabupaten Simalungun untuk peletakan batu pertama pembangunan rumahrakyat. Kemudian dilanjutkan ke Dairi dan Danau Toba untuk penanaman pohon dalam program Go Green,” katanya.

Terpisah, Wakil Direktur Lembaga BantuanHukumMedan, Khaidir Harahap mengatakan, Mayjen Edy Rahmayadi merupakan perwira tinggi TNI yang berprestasi. Warga Sumut akan merasakan kehilangan jika Mayjen Edy tidak lagi menjabat Pangdam I BB. Sebab keberanian putra Medan itu memberantas mafia judi, mafia narkoba, hingga penyelundupan barang-barang ilegal ke Sumut, sangat dirasakan masyarakat.

Panggabean hasibuan/ ant
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6748 seconds (0.1#10.140)