Pantau Arus Balik, Kapolda Naik Motor

Jum'at, 24 Juli 2015 - 10:09 WIB
Pantau Arus Balik, Kapolda Naik Motor
Pantau Arus Balik, Kapolda Naik Motor
A A A
PALEMBANG - Mungkin tak mau kecolongan, Kepolisian Daerah Sumsel melakukan ber bagai upaya untuk menjaga kelancaran arus balik pemudik.

Selain personel Satlantas di lapangan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Iza Fadri pun turun gunung ke Jalintim. Jenderal bintang dua ter sebut memantau langsung pos pengamanan dan kondisi arus balik pemudik di Jalintim dengan mengendarai sepeda motor.

Ditemani jajaran Dirlantas Polda Sumsel dan anggota Ikatan Motor Indonesia (IMI), Kapolda layaknya personel Dirlan tas lainnya. "Sejauh saya pan tau arus memang masih ramai. Tapi tetap kondusif dan lancar," kata Kapolda usai melakukan perjalanan ditemui di Mapolda Sumsel, kemarin.

Kapolda menuturkan sejum lah personel di pos pengamanan arus mudik – balik terlihat kaget mengetahui ke datangannya bersama rom bong an. Namun Kapolda mengaku senang karena petugas di la - pangan tetap siaga dan pro - fesional.

"Bersyukur, dari sidak mendadak saya lakukan, ang - gota masih berada di setiap pos meski momen lebaran sudah hampir berakhir. Kita prediksi akhir arus balik ada besok atau Minggu (26/7) lusa.” “Untuk itu, anggota wajib terus menempati pos peng - amanan sesuai wilayah tugas masing-masing," ucapnya.

Kapolda memastikan, pihak nya siap menghadapi jika terjadi lonjakan penumpang di kawasan – kawasan seperti stasiun atau terminal. Menurutnya, selagi ada petugas kepolisian lalu lintas yang bertugas, lonjakan akan diatasi. "Saya imbau kepada pemudik apabila capek atau ngantuk, sebaiknya menghentikan perjalanan untuk istirahat. Bisa juga menumpang istirahat di pos-pos polisi," pungkasnya.

Lain halnya yang dilakukan Satlantas Polres Lubuklinggau. Mencegah terjadinya kecelakaan di puncak arus balik pemudik Lebaran tahun ini, Satlantas Polres Mura menghentikan semua kendaraan pemudik dan bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Terminal Tipe Peta - nang, Lubuklinggau.

KasatLantas Polres Lubuklinggau, AKP Novalina Tarihoran meng atakan pihaknya memberikan peringatan dan imbauan ke pa - da pengemudi arus balik di Ja - lan Lintas Sumatera (Jalinsum) Terminal Tipe B Petanang Ke ca - matan Lubuklinggau Utara II.

“Kita hentikan para pengguna kendaraan dari Jalinsum Ka bupaten Muratara. Tujuan - nya untuk memberikan imbauan dan menyegarkan kembali fisik para pengemudi ken da - raan di Terminal B Petanang,” jelas Novalina saat ditemui di Terminal Tipe B Petanang dan Pos PAM Petanang Jalan Ling - kar Utara Kota Lubuklinggau, kemarin.

Petugas masuk ke dalam bus dan memberikan peringatan kepada pengemudi bus untuk tidak ugal-ugalan di jalan dan beristirahat jika terasa lelah dengan memanfaatkan fasi li - tas pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan). Sedangkan untuk penumpang petugas memberikan imbauan untuk menegur pengemudi jika melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi.

“Langkah ini untuk menekan laka lantas saat arus balik lebaran. Petugas tetap siaga memberikan pe ringatan dan imbauan kepada para pengemudi di jalan raya,” ka - tanya. Selain itu, petugas juga melakukan pengawasan dan mengurai kemacetan di jalan protokol Kota Lubuklinggau.

Bahkan melakukan giat razia rutin khususnya kepada angkutan barang yang digunakan mengangkut penumpang, karena berbahaya.

M moeslim/Hengky ca
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6005 seconds (0.1#10.140)