Hari Ini Puncak Arus Balik

Selasa, 21 Juli 2015 - 10:42 WIB
Hari Ini Puncak Arus Balik
Hari Ini Puncak Arus Balik
A A A
YOGYAKARTA - Arus balik Lebaran diperkirakan terjadi pada hari ini (21/9) yang merupakan hari terakhir cuti Lebaran. Dari Yogyakarta, permintaan bus cadangan naik secara signifikan mulai terjadi hari ini, utamanya tujuan Jakarta.

Kepala Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organda DIY Agus Andriyanto mengatakan, pada H2+1 atau Minggu (19/7) geliat di transportasi darat keluar dari Yogyakarta sudah mulai terasa. “Itu mungkin masih silaturahmi atau berwisata. Tapi setelah itu, pemudik mulai kembali ke tempat tujuan,” katanya, kemarin.

Menurut dia, untuk bus dari Yogyakarta menuju Surabaya, Bandung, Solo, Purwokerto, dan lainnya meningkat. Okupansi hari biasanya hanya 50%, mengalami kenaikan sampai 90%. “Untuk jurusan Jakarta mulai terasa hari ini (kemarin),” katanya. Agus mengungkapkan, sudah mulai terjadi permintaan bus tambahan menuju ibukota. Namun, jumlahnya masih belum banyak. “Permintaan bus tambahan terjadi besok (hari ini) mulai signifikan, terutama ke arah Jakarta. Prediksi kami, itu merupakan puncak arus balik, yakni Selasa (21/7),” katanya.

Dia mengungkapkan, Organda DIY menyiapkan 740 armada tambahan untuk melayani pemudik. Meski peningkatan permintaan mulai terjadi, namun Organda DIY menjamin jumlah armada tambahan tersebut masih mencukupi. “Armada aman, bisa mengangkut pemudik,” katanya. Berdasarkan pantauan di Posko Terminal Giwangan, sampai kemarin sudah memberangkat 198 bus ke berbagai kota tujuan, terutama Jakarta, Surabaya dan Bandung.

Hari ini diperkirakan memberangkatkan 360 bus, baik dari Terminal Giwangan maupun dari pol PO bus di wilayah DIY. Devisi Manajemen Transportasi UPT Terminal Giwangan Aji Fajar Windrato menyampaikan, data yang dimiliki pada arus balik tanggal 19 Juli 2015 atau H+2 lebaran jumlah bus yang masuk ke Terminal Giwangan mencapai 1.401 bus, dengan jumlah penumpang sebanyak 29.208 orang. Sedangkan, untuk armada yang berangkat dari Terminal Giwangan dengan tujuan luar daerah sebanyak 1.370 armada dengan jumlah penumpang 31.748 orang.

“Kebanyakan yang berangkat bus AKAP dengan tujuan Jakarta dan Surabaya,” katanya saat dihubungi, kemarin. Manager Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta Gatut Sutiyatmoko mengatakan, pada Minggu (19/7) penumpang yang berangkat dari sejumlah stasiun di wilayah Daop VI Yogyakarta tercatat 31.413 penumpang. “Prediksi kita hanya 30.545 penumpang, Jadi melebihi prediksi,” ungkapnya. Menurut dia, realisasi penumpang pada Minggu (19/7) tersebut mengalami kenaikan 4% dibanding hari yang sama (H2+1) pada Lebaran tahun lalu.

“Naik 4% dibanding Lebaran 2014 lalu. Tapi itu belum puncaknya (arus balik),” ungkap Gatut. Dia mengungkapkan, kemungkinan puncak arus balik Lebaran di Daop VI Yogyakarta terjadi hari ini. “Perkiraan kami Senin atau Selasa arus baliknya,” katanya. Untuk itu, Gatut meminta kepada calon penumpang untukdatangkestasiunlebihawal. Langkah ini juga untuk menghindari kemacetan dalam perjalanan menuju stasiun. “Kita tahu, Kota Yogyakarta padat lalulintas. Akses menuju Stasiun Tugu maupun Lempuyangan juga padat,” kata dia. Gatut mengakui, banyak penumpang yang tertinggal perjalanan kereta api karena terjebak macet di jalan.

“Banyak penumpang yang batal naik kereta, karena datangnya ke stasiun melebihi jadwal pemberangkatankereta. Itu terutama di Stasiun Lempunyangan. Jadi, lebih baik menunggu di stasiun tapi terjamin bisa berangkat,” paparnya. Sementara itu, pantauan di lapangan arus menuju Kota Yogyakarta dari berbagai arah seperti Klaten, Magelang, Wonosari atau Pacitan, dan Purworejo terlihat padat. Dari arah Solo atau Klaten, kemacetan panjang terjadi di sejumlah titik. Misalnya, kemacetan itu terlihat mulai dari Tegalmas Klaten sampai Prambanan (perbatasan DIY-Jateng).

Mayoritas mobil pribadi padat merayap, sementara sepeda motor menerobos di antara mobilmobil yangmerayap. Kemacetan juga terlihat di pertigaan atau pintu masuk Bandara Adisutjipto.

Ridwan anshori/ muji barnugroho
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6198 seconds (0.1#10.140)