Peran Religius Leader Penting untuk Cegah Konflik Beragama

Selasa, 21 Juli 2015 - 03:03 WIB
Peran Religius Leader Penting untuk Cegah Konflik Beragama
Peran Religius Leader Penting untuk Cegah Konflik Beragama
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parwansa menilai, peran tokoh agama sangat penting untuk perlu menjaga kerukunan antar umat beragama.

Hal itu dikatakan Khofifah menanggapi adanya insiden pembakaran masjid dan beberapa ruko di Kabupaten Tolikara, Papua. Menurutnya peran tokoh agama dapat mencegah konflik tersebut terulang kembali di masa yang akan datang.

"Menjaga hubungan antar agama harus dilakukan oleh religius leader di tingkat lokal. Karena religius leader memiliki kekuatan yang besar, ketundukan pengikutnya kuat," ujar Khofifah di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, Senin (20/7/2015).

"Ketundukan pengikutnya kuat, karena intensitas pertemuannya lebih sering dan interaksinya lebih intensif," sambungnya.

Menurutnya, religius leader atau tokoh agama agama, memiliki peran utama bagi pengikutnya. Hal itu tak hanya berlaku bagi sekelompok penganut agama atau kepercayan tertentu saja, namun juga berlaku bagi ranah sosial kemasyarakatan di suatu wilayah.

"Beda dengan ustaz di telivisi atau radio, masyarakat belum tentu tunduk, karena interaksinya itu kan tidak langsung. Kalau ustaz lokal ketemu langsung di masjid," jelasnya.

Termasuk juga pendeta yang memberi khotbah di gereja. Hal tersebut memberi daya impiratif yang lebih kuat. "Jarang ketemu (tokoh agama) jelas akan mengurangi intensitas dan pemahaman yang lebih," ucap Kofifah.

Maka itu, Khofifah meminta segenap pihak terkait untuk melakukan reorganisasi religius leader di seluruh Indonesia untuk meningkatkan persatuan, kesatuan dan kerukunan antar umat beragama.

"Itu perlu ditingkatkan organisasinya di lokal hingga pusat, itu perlu dimediasi pemkot dan pemprov," tandasnya.

PILIHAN:

Umat Islam Jangan Terpancing Ajakan Jihad ke Tolikara

PGI Kecam Keras Insiden Tolikara
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8890 seconds (0.1#10.140)