Eldin Salurkan Zakat di Lima Kecamatan

Senin, 13 Juli 2015 - 10:31 WIB
Eldin Salurkan Zakat...
Eldin Salurkan Zakat di Lima Kecamatan
A A A
MEDAN - Untuk ketiga kalinya, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menyalurkan zakat kepada warga kurang mampu, Sabtu (11/9). Zakat wali kota beserta keluarga dan seluruh pejabat di lingkungan Pemko Medan sebanyak 2.150 paket dan disebar di lima kecamatan.

Kelima kecamatan itu yakni Kecamatan Medan Helvetia, Medan Sunggal, Medan Selayang, MedanBaru, danMedanPetisah. Dengan demikian, memasuki hari ke-24 bulan suci Ramadan, Wali Kota sudah menyalurkan 6.250 paket zakat kepada warga kurang mampu. Sebelumnya mantan Sekda Kota Medan itu telah menyalurkan 4.100 paket zakat untuk delapan kecamatan, yaitu Medan Tembung, Medan Timur, Medan Barat, Medan Perjuangan, Medan Deli, Medan Labuhan, Medan Belawan, dan Medan Marelan.

Pembagian 2.150 paket zakat ini diawali di Kecamatan Medan Petisah. Penyaluran zakat dipusatkan di halaman sebuah masjid yang lokasinya berdekatan dengan Kantor Camat Medan Helvetia. Di tempat itu Wali kota didampingi Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Askesmas) Erwin Lubis dan Camat Medan Helvetia Edi Mulia Matondang menyalurkan 500 paket zakat kepada warga kurang mampu yang berasal dari tujuh kecamatan.

Umumnya warga yang menerima paket zakat itu adalah kaum ibu dan berusia lanjut. Selain terharu, mereka juga sangat menerima bantuan paket zakat yang berisi beras, minyak goreng, dan gula pasir, ditambah uang Rp100.000 per orang. Di samping memenuhi kebutuhan puasa yang menyisakan beberapa hari lagi, paket zakat itu juga dapat digunakan untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

“Semoga paket zakat yang kita salurkan ini memberikan manfaat bagi warga yang menerimanya,” kata wali kota. Sebenarnya, kata Eldin, dirinya ingin menyalurkan paket zakat ini dengan mendatangi langsung satu per satu rumah warga sekaligus bersilaturahmi. Akan tetapi, berhubung keterbatasan waktu, keinginan itu terpaksa diurungkan sehingga penyalurannya dipusatkan di halaman masjid maupun kantor kecamatan.

Camat Medan Helvetia, Edi Mulia Matondang, mengucapkan terima kasih atas disalurkannya paket zakat ini kepada 500 warga kurang mampu yang berasal dari tujuh kelurahan tersebut. “Bantuan ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi warga menyusul naiknya harga sejumlah bahan kebutuhan pokok jelang lebaran,” kata Edi.

Setelah itu, Eldin meneruskan penyaluran paket zakat di Kecamatan Medan Sunggal yang dipusatkan di Kantor Kelurahan Tanjung Rejo, Jalan Setia Medan. Ada 500 paket paket zakat yang disalurkan untuk 500 warga kurang mampu dari enam kelurahan. Selanjutnya, Wali Kota menyalurkan paket zakat diteruskan di Kantor Camat Medan Selayang. Mantan Sekda Kota Medan itu pun sempat terharu, sebab warga yang menerima bantuan zakat paket itu umumnya warga kurang mampu dan kondisinya banyak sudah renta.

Untuk itulah Wali Kota minta agar paket zakat yang diterima dibantu dibawakan. Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis memastikan seluruh warga yang memiliki kupon mendapatkan paket zakat dari Pemko Medan. Seusai meninggalkan Kantor Camat Medan Selayang, Wali Kota melanjutkan penyaluran paket zakat di Kecamatan Medan Baru.

Jumlah paket zakat yang disalur sebanyak 350 paket dan terakhirnya penyaluran zakat dilakukan Wali Kota di Kantor Camat Medan Petisah. Di tempat itu sekitar 300 paket disalurkan kepada warga kurang mampu dari tujuh kelurahan.

Lia anggia nasution
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8863 seconds (0.1#10.140)